Banyak orang tua yang beranggapan bahwa ketika anaknya mulai belajar merintis bisnis sembari kuliah akan mengganggu konsentrasi belajar dari si anak. Dengan adanya mindset semacam ini menyebabkan banyak orangtua yang tidak mendukung anaknya untuk memulai berbisnis sembari kuliah. Padangan semacam ini juga mengakibatkan mahasiswa lebih bangga bila menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga kerja profesional di perusahaan-perusahaan besar, dibandingkan memilih terjun di dunia usaha dan menjadi seorang entrepreneur muda. Padahal dengan memulai bisnis di usia muda yang produktif maka tidak mustahil ke depannya dapat meraih kesuksesan dalam dunia bisnis. Berikut akan dibahas beberapa langkah penting untuk dijalankan mahasiswa yang ingin merintis usaha sambil kuliah :

1. Membangun mental entrepreneur

Meskipun masih berstatus menjadi mahasiswa dan belum memiliki banyak pengalaman jangan pernah merasa minder untuk terjun ke dunia usaha. Mulailah dengan memperkaya ilmu dan skill yang dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti buku, majalah bisnis, seminar kewirausahaan maupun pelatihan bisnis yang banyak diadakan di kampus-kampus.

2. Tentukan peluang bisnis yang sesuai dengan modal

Ketika mental sudah terbangun, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih jenis usaha yang sesuai dengan modal yang Anda miliki. Modal di sini tidak hanya berupa materi namun juga modal skill, modal passion, waktu luang dan sebagainya. Anda juga dapat memulainya dengan usaha yang sederhana dan mudah dijalankan namun tetap memberikan keuntungan bagi Anda.

3. Pandai membagi waktu

Sebagai seorang mahasiswa tentunya sebagian besar waktu Anda akan disibukkan dengan kegiatan perkuliahan. Meskipun demikian Anda dapat menggunakan waktu luang di sela-sela kesibukan kuliah untuk menjalankan bisnis. Yang terpenting adalah bijak dalam membagi waktu. Jika Anda dapat membagi waktu secara seimbang maka kuliah dan bisnis Anda akan dapat berjalan seimbang, bisnis lancer dan berkembang serta kuliah tidak terganggu.

4. Aktif berpromosi di lingkungan sekitar

Untuk menjadikan bisnis Anda berkembang, Anda dapat mulai berpromosi di lingkungan sekitar Anda, misal kepada teman kuliah, keluarga, saudara. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan internet dan situs jejaring sosial untuk mempromosikan bisnis Anda.

5. Mulai action

Setelah yakin dengan persiapan dan kemampuan yang Anda miliki, maka tidak ada alasan untuk menunda rencana bisnis yang telah dibuat dan segera merealisasikannya. Selamat berbisnis!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme