Saat akan merintis sebuah usaha, terkadang para pemula masih mengalami kebingungan dalam memilih model usaha yang paling sesuai dengan skill yang dimiliki dan sekiranya dapat memberikan keuntungan. Bagi Anda yang tengah mempertimbangkan jenis usaha yang akan ditekuni, berikut akan dibahas beberapa jenis model usaha yang dapat menjadi pilihan bagi Anda.

1. Creator (memproduksi barang)

Model usaha ini memanfaatkan pengetahuan, skill dan passion yang Anda miliki untuk menciptakan sebuah produk yang dibutuhkan oleh pasar dan dapat memiliki nilai jual. Seorang creator di sini dapat menciptakan produk baru ataupun berinovasi dengan produk yang sudah ada di pasaran. Dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan skill dan passion Anda untuk berkreasi.

2. Consumer service

Model usaha yang kedua adalah memberikan pelayanan jasa atau consumer service kepada para konsumen. Sebagai contoh misalnya peluang bisnis jasa laundry, jasa catering, bisnis bengkel motor atau mobil, usaha rental mobil, bimbingan belajar serta beragam jenis peluang bisnis jasa lainnya yang dapat Anda jalankan sesuai dengan skil yang Anda miliki.

3. Product sales (penjualan produk)

Model usaha product sales disini berarti Anda bertindak sebagai distributor barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Model bisnis ini cukup banyak diminati mengingat memiliki modal dan resikonya tidak terlalu besar serta keuntungan yang didapatkan juga cukup menjanjikan. Model bisnis ini cocok bagi Anda yang sedang belajar berbisnis. Anda dapat mencoba menjalankan model bisnis ini melalui bisnis retail seperti menjadi reseller atau juga menjadi agen pemasar produk-produk yang ada di sekitar Anda.

4. Business Service (Memenuhi kebutuhan pelaku bisnis)

Selain menargetkan pada konsumen akhir (end user), Anda juga dapat memberikan pelayanan bagi para pelaku bisnis lain. Dalam hal ini Anda dapat memberikan bahan baku atau jasa bagi pelaku bisnis lainnya. Contohnya saja seperti membuka bisnis sablon plastik (untuk kemasan produk), menjadi konsultan marketing bagi perusahaan-perusahaan besar, trainer bisnis bagi pelaku bisnis atau para pemula, jasa pengiriman barang,dan sebagainya.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme