Sumber Kegagalan Dalam Berbisnis

 

Ada beberapa Sumber Kegagalan Dalam Berbisnis, Memulai suatu usaha hingga mencapai sukses memang bukanlah hal yang mudah. Tidak jarang seorang pengusaha mengalami kegagalan hingga berkali-kali sebelum mencapai kesuksesan. Hal tersebut bersumber dari kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan oleh pengusaha pemula. Berikut ini akan dibahas beberapa kesalahan yang mungkin akan dilakukan oleh pengusaha pemula, sehingga Anda dapat memetik pelajaran dari kegagalan yang mereka alami :

1.Memilih bidang usaha hanya ikut-ikutan trend

Hal ini banyak dijumpai saat ini. Banyak sekali kita lihat suatu usaha baru yang booming dan sukses kemudian diikuti oleh followersnya yang ikut membuka usaha di bidang yang sama. Dan banyak dari followers tersebut yang kemudian gulung tikar karena tidak menguasai bidang usaha tersebut. Tentu ini sebuah kesalahan fatal, karena Anda merintis usaha hanya karena latah atau hanya sekedar ikut-ikutan trend pasar dalam berbisnis. Kesalahan ini perlu Anda hindari dari sekarang, sebab Anda hanya akan menghadapi banyak kesulitan jika Anda memilih sebuah usaha yang Anda sendiri tidak memahami seluk beluknya, serta tidak memiliki ketertarikan atau passion di bisnis tersebut.

2.Minim visi dan misi

Ketika Anda memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis, Anda harus memiliki visi dan misi yang jelas, untuk menentukan arah dan tujuan dari bisnis yang Anda rintis. Hal ini yang sering dilupakan oleh pemula. Sebagian besar dari pebisnis pemula hanya memikirkan keuntungan jangka pendek tanpa memikirkan visi dan misi yang akan diraih jangka panjang. Tanpa kedua kunci kesuksesan tersebut, bisa dipastikan bila bisnis Anda hanya akan jalan ditempat tanpa mengalami pertumbuhan maupun perkembangan yang cukup signifikan

3.Kurang tekun dalam mengelola usaha

Ketekunan dalam mengelola suatu usaha sangat menentukan kemajuan dan kesuksesan. Pastikan Anda dapat merekrut SDM yang tepat untuk membantu, memastikan kondisi arus kas bisnis Anda dapat berjalan dengan baik serta mampu menghadapi persaingan bisnis yang sewaktu-waktu dapat mengancam bisnis Anda.

4.Belum siap menghadapi kenaikan permintaan

Lonjakan permintaan juga dapat menjadi bumerang bagi pengusaha yang belum siap untuk menghadapinya, sehingga dapat mengakibatkan pengusaha mengalami kegagalan usaha justru ketika bisnisnya meningkat. Sebab, para pemula belum siap menghadapi pertumbuhan bisnis dalam waktu yang relatif cukup singkat, sehingga mereka masih kesulitan menangani lonjakan konsumen, membangun saluran distribusi baru, serta kelabakan memperluas peluang bisnis untuk bisa menangani ledakan permintaan setiap harinya. Oleh karenanya Anda perlu persiapan yang matang untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme