Strategi Pemasaran Bisnis Bagi Pemula

Pemilihan strategi pemasaran bisnis yang tepat sangat memperngaruhi keberhasilan bisnis yang Anda rintis. Bagi pemula di dunia bisnis, tentunya masih sulit dan meraba-raba sekiranya strategi pemasaran seperti apa yang paling sesuai untuk diterapkan.

Bagi Anda yang merintis bisnis rumahan dengan modal yang terbatas, tentunya juga harus jeli agar strategi pemasaran tidak terlalu banyak memakan budget namun efektif. Berikut ini akan dibahas beberapa strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan sebagai pebisnis pemula :

1.Brosur

Menyebarkan brosur menjadi salah satu strategi yang cukup efektif. Selain brosur Anda juga dapat memasang pamflet di tempat-tempat strategis. Namun perlu diperhatikan, konten dari brodur atau pamflet haruslah menarik dan informtif sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen.

2.Media online

Saat ini seiring dengan pertumbuhan pengguna internet, promosi melalui media online menjadi strategi yang efektif. Sudah banyak sekali penyedia layanan forum online atau forum jual beli yang dapat Anda manfaatkan sebagai ajang promosi secara gratis. Selain itu Anda juga dapat membuat akun-akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lainnya sebagai tempat untuk memasarkan produk Anda.

3.Dari Mulut ke Mulut

Promosi dari mulut ke mulut sebenarnya menjadi strategi promosi yang sangat efektif. Selain low budget, rekomendasi dan testimoni positif dari customer Anda yang disampaikan ke orang lain menjadi sebuah iklan yang lebih meyakinkan dari jenis iklan-iklan yang lain.

Bagi Anda yang masih merintis bisnis Anda dapat mulai memasarkan produk Anda ke kerabat, teman, tetangga dan lingkungan terdekat Anda. Jika mereka merasa puas dengan produk Anda secara tidak langsung mereka akan memasarkan produk Anda ke orang lain dan ‘membawa’ calon pelanggan baru bagi Anda.

4.Mengikuti bazaar

Saat ini juga tersedia banyak event bazaar ataupun pameran sebagai wadah bagi Anda untuk memasarkan produk Anda. Dengan mengkuti bazaar ataupun event-event sejenis Anda tidak hanya akan memasarkan produk Anda, namun juga dapat memperluas relasi bisnis Anda.

5.Memasarkan ke toko-toko

Anda juga dapat memasarkan produk Anda dengan menitipkan produk Anda ke toko-toko atau bahkan jika memungkinkan ke retail di kota Anda. Jika Anda dapat memasukkan produk Anda ke toko retail ternama, maka secara tidak langsung Anda dapat memasarkan produk Anda secara luas ke seluruh nusantara.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme