perbedaan wet clean dan dry clean

Jika Fresher sehari-harinya padat aktivitas, maka tak heran jika cucian kotornya dipercayakan ke tempat laundry. Lalu mengapa jika kita ingin mencuci kebaya atau jas kita ke tempat laundry, sering disebut dengan layanan dry cleaning. Lalu apa yang dimaksud dengan wet cleaning dan dry cleaning? Sebenarnya apa sih perbedaannya?

1. Keterlibatan air

Wet cleaning yakni proses pencucian pakaian biasa dengan menggunakan air dan deterjen, biasanya menggunakan mesin cuci. Sementara dry cleaning yakni proses pencucian pakaian menggunakan bahan kimia (solvent) tanpa melibatkan air atau deterjen biasa.

2. Bahan Pembersih

Biasanya untuk wet cleaning hanya menggunakan deterjen, pelembut, atau pewangi kain biasa. Sedangkan dry cleaning sendiri biasanya menggunakan bahan kimia khusus.

3. Jenis Cucian

Untuk proses pencucian dengan teknik wet cleaning biasanya hampir semua pakaian yang dipakai sehari-hari, sedangkan untuk dry cleaning biasanya untuk pakaian yang membutuhkan treatment khusus, seperti gaun pengantin, jas, atau pakaian dengan bahan wol alami.

4. Ongkos

Wet cleaning itu biasanya dihitung per berat pakaian (kg) atau dihitung sesuai jumlah pakaiannya, sedangkan untuk dry cleaning biasanya hiditung berdasarkan jumlah pakaiannya.

Jadi jangan sampai salah pengertian lagi ya antara wet dan dry cleaning, sehingga Fresher tidak perlu bingung lagi pakaiannya harus di wet atau dry clean. Tapi satu hal yang terpenting, tetep memperhatikan label pakaian ya Fresher untuk mengetahui treatment apa yang pas untuk pakaianmu. Semoga info dari Mr.Fresh bermanfaat ya

Ngomong-ngomong ada yang pernah mencuci dengan menggunakan teknik dry cleaning? Biasanya pakaian apa saja Fresher?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme