Memulai bisnis memang bukanlah suatu hal yang mudah. Berbagai tantangan dan permasalahan pasti akan terus mengiringi ketika Anda berniat mengawali suatu bisnis. Memang sebaiknya Anda memulai suatu bisnis sesuai dengan bidang yang Anda sukai dengan sumber daya yang ada di sekitar Anda. Meski demikian, seorang perempuan umumnya akan menjumpai beberapa tantangan meskipun telah memulai bisnis sesuai dengan minat dan bidang yang dikuasai.

1. Keterbatasan dalam budaya

Sampai saat ini dalam budaya timur, masih terdapat anggapan bahwa peran perempuan hanya sebatas lingkup domestik atau hanya mengurus rumah dan keluarga. Persepsi semacam ini secara tidak langsung juga membatasi gerak perempuan untuk dapat mulai bekerja dan membantu perekonomian keluarga. Padahal sebenarnya seorang perempuan tetap dapat menjalankan usaha di rumah tanpa mengorbankan keluarga. Dalam hal ini, dukungan keluarga menjadi salah satu faktor penting.

2. Kurangnya pengalaman usaha

Banyak perempuan yang merasa takut untuk memulai usaha karena mereka merasa belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup di bidang usaha. Padahal ketika seseorang berani mencoba dan tidak takut gagal, ia akan memperoleh pengetahuan dari pengalaman tersebut. Selain itu, pengetahuan tentang bisnis juga dapat diperoleh dari berbagai sumber. Anda dapat memanfaatkan banyak media untuk memperoleh pengetahuan lebih seputar bisnis.

3. Kurang percaya diri

Kurangnya pengetahuan dan pengalaman seputar dunia usaha, menjadikan seorang perempuan tidak percaya diri untuk memulai bisnis. . Ditambah lagi karena dari keluarga atau dari orang-orang di sekitarnya tidak mengajarkannya cara untuk berbisnis, dalam hal ini, pengalaman mereka pun juga kurang. Tak heran, wanita seringkali kurang percaya diri.

Meskipun demikian, tidak berarti perempuan terbatas dalam berbisnis. Sudah banyak terbukti bahwa seorang perempuan pun dapat sukses dalam dunia bisnis. Bagi kaum perempuan yang ingin memulai merintis bisnis dapat menjadikan franchise sebagai alternatif, karena dengan bergabung dalam bisnis franchise akan memperoleh berbagai fasilitas dan kemudahan baik dalam memulai bisnis maupun ketika berjalannya operasional bisnis.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme