Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Berwirausaha

Saat ini dunia bisnis mulai diramaikan oleh pebisnis-pebisnis muda, dan banyak dari mereka yang mencapai kesuksesan bisnis pada usia muda. Di sisi lain, banyak pebisnis senior sukses, dan kebanyakan dari mereka merintis bisnis dari usia yang tergolong muda. Meskipun demikian, kesuksesan bisnis sebenarnya bisa diraih siapa saja, tidak memandang tua ataupun muda. Bahkan bagi Anda tidak ada kata terlambat untuk berbisnis, karena banyak juga pengusaha yang mencapai kesuksesan mereka di usia yang terbilang tidak lagi muda. Jadi jika Anda belum berhasil pada bisnis Anda sekarang, jangan khawatir, karena banyak orang lain yang mengalami hal seperti Anda dan tetap sukses pada akhirnya. Berikut beberapa tokoh tersebut :

1.Ray Kroc – Mc Donald
Awalnya Ray Kroc adalah seorang karyawan dari perusahaan gelas kertas, hingga suatu saat beliau berhenti dari pekerjaannya. Setelahnya Ray Kroc mulai berusaha mencari bisnis lain untuk menopang hidupnya. Kroc mulai bekerja sama dengan pengusaha minuman milkshake untuk memberinya hak eksklusif, dan Kroc berhasil memasarkan produk tersebut ke penjuru Amerika. Saat menjual milkshake inilah Kroc menyadari bahwa pelanggan terbesarnya datang dari sebuah restoran di California yang dimiliki Mc Donald bersaudara, yang menarik minat Kroc menjadi franchisee pertama dari Mc Donald. Bertahun-tahun kemudian pada akhirnya Kroc bisa membeli kepemilikan Mc Donald’s Coroporation dari Mc Donald bersaudara. Setelah kepemilikan beralih tersebut, Kroc mulai merekrut franchisee secara besar-besara. Hingga bisa kita lihat hasilnya sekarang, Mc Donald menjadi salah satu restoran ternama di seluruh dunia.

2.Harland Sanders – KFC
Pada awalnya Sanders adalah orang yang berkali-kali berpindah pekerjaan. Pada usia 40-an sempat merasa putus asa, karena merasa belum berhasil dalam hidupnya. Akhirnya Sanders membuka sebuah restoran. Namun keberhasilan belum berpihak padanya, karena restorannya terus merugi, dan pada akhirnya harus dijual untuk melunasi hutang-hutangnya. Sanders kemudian memutuskan untuk menjual resep rahasianya kepada restoran lain, dan harus menghadapi penolakan berkali-kali hingga akhirnya bisa mendapat pelanggan pertamanya. Dari kontak, Sanders hanya memperoleh 5 sen dari tiap potong ayam yang terjual. Hingga tahun 60-an Sanders sudah memiliki ratusan cabang franchise dari restoran yang saat ini kita kenal sebagai KFC. 4 tahun kemudian, di puncak kesuksesan KFC, Sanders menjual kepemilikannya senilai 2 juta USD dan tetap menjadi penasihat resmi perusahaan dengan gaji 250.000 USD per tahun.

3.Jan Koum – Whatsapp

Menghabiskan 9 tahun bekerja di Yahoo!, Koum merasa tidak nyaman dengan berbagai iklan yang harus diurus dan bertebaran dimana-mana, dan pada akhirnya menjadikan Koum keluar dari Yahoo! dan bercita-cita untuk memulai bisnisnya sendiri. Koum berkomitmen bahwa dala bisnisnya ini tidak akan ada tempat untuk iklan yang mengganggu. Koum juga sempat melamar pekerjaan di Facebook namun ditolak. Tahun 2009, Koum mendapat ide untuk membuat aplikasi yang bisa menampilkan update status seseorang di daftar kontak bernama Whatsapp. Versi pertamanya benar-benar hanya digunakan untuk update status di ponsel. Pada versi selanjutnya Whatsapp berkembang menjadi aplikasi messaging. Jumlah pengguna aktinya melonjak menjadi 250.000 orang. Dan kini Whatsapp telah memiliki pengguna aktif mencapai 450 juta dan beberapa waktu lalu Whatsapp telah dibeli oleh Facebook dengan nilai 19 miliar dolar, dengan Koum berhak atas kepemilikan saham sebesar 45 persen.

Setiap orang memiliki jalan dan rintangannya masing-masing untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda saat ini belum berhasil dalam usaha Anda, jangan pernah berhenti untuk mencoba dan berusaha, maka InsyaAllah kesuksesan dunia akhirat akan berada dalam genggaman Anda. Dan tidak pernah ada kata terlambat untuk mencoba dan berusaha.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme