Tips Memberikan Pelayanan Prima Kepada Konsumen Bisnis

Dalam berjalannya sebuah bisnis, konsumen menjadi satu faktor utama yang dapat menentukan keberhasilan dari bisnis tersebut. Melalui konsumen itulah bisnis yang dijalankan akan dapat berputar dan menghasilkan profit yang diharapkan. Karena itulah penting bagi pengusaha untuk memberikan pelayanan yang prima untuk menjaga kesetiaan pelanggan. Berikut akan dibahas mengenai tips memberikan pelayanan prima kepada konsumen bisnis Anda.

1. Greetings

Sangat penting untuk memberikan sapaan yang baik. Dengan memberikan senyuman dan sapaan yang baik maka pelanggan akan merasa dihormati. Lain halnya pelaku bisnis tidak memperlakukan konsumennya dengan ramah, tentunya konsumen akan merasa malas atau bahkan tersinggung sehingga tidak akan membeli produk atau menggunakan jasa kita lagi ke depannya.

2. Jangan sungkan untuk meminta maaf

Jangan pernah sungkan untuk meminta maaf kepada konsumen ketika Anda melakukan kesalahan dan mengecewakan konsumen. meskipun tidak selamanya konsumen benar, namun konsumen selalu ingin  menjadi pihak yang menang. Karenannya ketika terjadi sesuatu hal yang tidak sesuai dengan kehendak konsumen segeralah meminta maaf kepada konsumen agar tidak mengurangi kepuasan para konsumen.

3. Mau mendengar kritik dan saran dari konsumen

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus mau mendengarkan setiap saran dan kritik dari konsumen Anda. Untuk mencapai kesuksesan seseorang harus mampu mendengar dan belajar dari kritikan yang diperoleh. Bahkan salah satu ungkapan dari Bill Gates mengatakan bahwa “Your consumers who most unhappy are the largest source for you to learn”. Oleh karena itu, sekalipun konsumen dalam menyampaikan komplain dengan cara yang kurang menyenangkan namun sebisa mungkin harus tetap memberikan respon secara profesional.

4. Mendengarkan permintaan konsumen dan follow up

Ketika mendapatkan permintaan khusus dari konsumen, dengarkan baik-baik dan segera tidaklanjuti. Sekalipun terkadang konsumen mengajukan permintaan yang di luar kebiasaan dan cenderung menyulitkan Anda, namun sebisa mungkin sampaikan kepada konsumen bahwa Anda akan berusaha memenuhi permintaan mereka. Kalaupun ternyata Anda belum dapat memberikan hasil yang optimal, setidaknya konsumen akan tetap merasa senang dan berterimakasih atas upaya yang Anda berikan.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme