Karpet wajib terus dirawat. Bukan hanya demi keindahannya, tapi juga demi kebersihan dan kesehatan si penghuni rumah yang memiliki karpet tersebut.

Agar karpet tetap bersih dan tidak kusam, taburkan sejumlah besar garam ke atasnya, biarkan selama satu jam. Selanjutnya sedot dengan vacuum cleaner . Dapat juga menggunakan bedak pembersih karpet, yang tersedia di pasaran.

Cara lainnya adalah menggosok karpet dengan membuat larutan campuran air dan cuka (10:1). Celupkan spons ke dalam larutan, lalu gosokkan ke karpet. Setelah itu, bilas dengan spons yang sudah dicuci dengan air bersih. Biarkan kering, dan karpet akan kembali berwarna cerah.

Selain itu juga bisa menggunakan sikat halus dan air garam. Celupkan sikat ke dalam air garam, kibas – kibaskan sebentar supaya tidak banyak air yang menempel di sikat. Setelah itu, sikatlah karpet ke arah yang berlawanan dengan serat bulu karpet. Lalu, jemur karpet sampai kering supaya tidak lembab dan berbau. Karpet yang akan disimpan sebaiknya digulung dulu, lalu dibungkus dengan koran yang sudah disemprot insektisida.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme