mesin mobil

Mesin mobil merupakan salah satu komponen paling penting, seperti halnya manusia yang mempunyai jantung, mobil juga memiliki sebuah komponen pemompa kehidupan agar tetap mampu berjalan dengan baik.

Membersihkan mesin mobil harus dilakukan dengan cara hati-hati dan tepat apalagi hal ini merupakan bagian paling sensitif dalam mobil. Di dalamnya ada bagian mesin yang mesin yang tidak boleh terkena air, seperti bagian acu, kabel, dan sensor.  Namun, kamu bisa membersihkan mesin mobil tersebut dengan mudah di rumah. Langkah-langkah berikut ini akan membantu kamu dalam membersihkan mesin mobil.

1. Cek Kelistrikan Mobil

Sebelum membersihkan mesin mobil, pastikan semua aliran listrik dalam keadaan mati. Hal itu sangat berbahaya jika tempat tersebut dalam kondisi menyala lalu terkena air. Selain itu, kondisi mesin dinyalakan dahulu untuk mempermudah proses pelepasan kerak-kerak yang menempel pada bagian mesin mobil.

2. Bungkus dengan Plastik Bagian Elektrik

Setelah mesin mobil dalam keadaan hangat serta sistem kelistrikan mati, bungkus perangkat elektrik yang ada pada mesin agar tidak kemasukan air saat proses pencucian. Kamu bisa menutupnya dengan alumunium foil atau apa saja yang penting perangkat elektrik tersebut aman dari air.

3. Pilih Bagian yang Mudah

Pilihlah bagian yang mudah terlebih dahulu biasanya bagian paling bawah kap mobil, semprot bagian tersebut dengan air, tetapi ingat jangan semprot dengan air bertekanan tinggi.

4. Hati-hati

Untuk bagian inti mesin kamu bisa menggunakan cairan engine degreaser pada mesin. Semprotkan engine degreaser ke mesin yang terkena noda karena cairan ini ampuh membersihkan noda membandel. Setelah menyemprotkan cairan, diamkan dan tunggu selama 10 menit. Untuk meratakan cairannya, gunakan kuas untuk menyapukan cairan ke seluruh bagian mesin.

5. Pembilasan

Saat membilas cairan engine degreaser, gunakan spray agar air tidak mengucur terlalu deras atau menciprat kemana-mana. Sambil menyemprotkan air, lap mesin mobil dengan sedikit tekanan pada bagian-bagian yang terkena noda. Jika masih ada noda bisa juga menggunakan sikat dan menambahkan sabun colek. Sikatlah bagian mesin yang terkena noda, namun berhati-hatilah agar sabun tidak merembes ke sistem kelistrikan mobil.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme