tips memilih batik untuk anak muda

Batik merupakan salah satu mahakarya titipan nenek moyang kita yang harus selalu di jaga dan dilestarikan keberadaanya, di era modern ini batik menjadi salah satu trend center di indonesia. dengan warna yang khas dan corak yang unik menjadi kekuatan tersendiri bagi batik itu sendiri.

Oleh karena itulah, Fresher berbaik hati mengajak anak muda untuk berbondong-bondong mengagumi beragam model baju batik, kemudian membeli baju batik. Tapi sebelum membeli, alangkah baiknya untuk mengetahui tips memilih model baju batik yang sudah Fresher buat untuk anak muda di era modern

berikut ini adalah beberapa tips bagi kaum muda untuk memilih baju batik yang tepat bagi kita, semoga bisa menjadi referensi untuk pemilihan batik kita,

Sesuaikan baju batik dengan bentuk tubuh kamu

Ini yang kudu diurutkan di point pertama. Dan memang benar, pada kenyataannya ukuran baju yang pas adalah sesuatu yang wajib kamu perhatikan. Apalagi untuk memilih model baju batik. Soalnya baju batik sensitif, kalau kegedean nggak bagus, barangkali dikira lagi pakai dasternya Rama Aipphama. Kalau kekecilan juga nggak bagus, barangkali dikira cabe-cabean.

Maka dari itu, kamu kudu cari model baju batik yang pas dengan tubuh kamu.

Tapi kalau kamu nggak nemu model baju batik yang pas, maka kamu bisa bikin sendiri di tukang jahit. Kan sekarang gampang banget tuh cari kain batik yang motifnya beragam dan penuh makna. Kalau mau tau lebih lengkapnya mengenai gambar batik, kamu bisa baca di Inilah Gambar Baju Batik yang Kaya Motif dan Makna.

Kasual

Sebelum membeli, kamu kudu pastikan baju batiknya untuk keperluan apa dulu. Untuk busana sehari-hari kah? Atau untuk keperluan resmi kayak menghadiri pesta atau menghadiri nikahan(nya mantan) kah? Ya barangkali aja. Kan baju batik senantiasa hinggap di berbagai acara yang ada di Indonesia, salah satunya acara yang terakhir tadi tuh. Uhuk!

Meskipun sebenarnya baju batik bisa menyesuaikan dengan beragam acara, tapi untuk busana sehari-hari, sebaiknya pilih motif bunga atau motif fauna. Cocok banget untuk anak muda.

Dan kalau dari sisi warna, pilih warna yang cerah aja. Lagian anak-anak muda kan suka yang cerah-cerah, apalagi ditambah motif bunga atau fauna, maka ini bisa dibilang model baju batik yang bisa bikin kamu terlihat lebih fresh dan ceria. Tapi tetap terlihat trendi dong pastinya.

Baca Juga : Tips Merawat Tas Batik yang Tepat

Resmi

Batik dengan motif Jlamprang sangat terbilang simpel dan cocok untuk dijadikan model baju batik resmi, baik untuk orang tua maupun anak muda. Jangan malah pilih baju batik yang gambar atau motifnya terlalu banyak corak.

Untuk warna sih bebas, tapi kalau bisa warna putih atau pastel, supaya kamunya terlihat seperti orang lembut dan tenang di setiap kondisi yang ada.

Pilih model baju batik dari bahan katun

Kenapa harus bahan katun? Ya karena manfaatnya banyak. Bahan katun nggak lembab, mampu menyerang keringat dari tubuh kamu. Lembut, nyaman banget dan bisa menghindarkan iritasi kulit kamu. Non alergi juga, pas untuk kulit kamu yang sensitif. Dan pastinya serat kapasnya kuat serta tahan lama.

Maka dari itu, model baju batik dari bahan katun cocok banget dipakai anak muda yang aktif.

Beda lagi dengan model baju batik dari bahan sutra. Karena bahan sutra lebih pas untuk acara pesta atau formal. Lagian acara-acara formal kan hanya bersifat sementara. Nggak begitu banyak melakukan pergerakan tubuh seperti hari-hari biasanya

 

  • Model
    Batik untuk pria memang terbagi menjadi dua saja jika dilihat dari modelnya, yaitu kemeja batik lengan panjang dan kemeja batik lengan pendek. Untuk kalangan muda lebih baik memilih kemeja batik yang lengan pendek selain terlihat lebih maskulin, kemeja batik lengan pendek juga lebih memperlihatkan bentuk lengan sehingga terlihat lebih maskulin. Selain itu kemeja batik lengan pendek juga nyaman dan tidak membatasi gerak sehingga enak digunkan untuk kegiatan sehari-hari karena tidak gerah seperti kemeja lengan panjang.
  • Memilih Perpaduan yang Cocok
    Ketika menggunakan batik haruslah tetap terlihat trendi dan tidak terlihat tampil tua. Hal itu dapat disiasati dengan cara memilih bawahan yang pas untuk anak muda. Kemeja batik yang keren harus dipadu padankan dengan celana slim fit. Pilihan celananya juga bisa beraneka ragam. Celana jeans tentu bisa digunakan jika tempat kerja memiliki suasana santai. Sedangkan kesan formal bisa diperoleh dengan menggunakan celana bahan berwarna gelap seperti hitam, biru dongker, atau cokelat.

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme