Bingung pilih ekskul ?

Biasanya di setiap sekolah ada kegiatan ekstrakulikuler (ekskul) yang mana setiap siswa bisa menyalurkan minat dan bakat nya di ekskul tersebut. Tapi ternyata memilih ekskul tidak semudah yang dibayangkan, karena pilihan ekskul di sekolah biasanya banyak sekali. Hati-hati lhoo.. Jangan sampai salah memilih ekskul, karena nanti malah terkebak di ekskul yang tidak diminati.

Berikut tips memilih ekskul yang tepat dan sesuai, diantaranya:
1. Sesuaikan dengan minat, bakat, dan hobi
Jika Fresher suka bermain basket, maka tak ada salahnya jika Fresher masuk kedalam ekskul bakset, atau jika Fresher suka seni maka Fresher bisa memilih ekskul teater atau ekskul tari. Sebab jika ingin bergabung dengan suatu ekskul maka kita harus sesuaikan dengan minat, bakat, dan hobi

2. Jangan terpengaruh teman
Terkadang kebanyakan siswa baru ketika masuk dalam kegiatan ekskul biasanya terpengaruh karena bujukan teman-temannya. Akibatnya banyak juga siswa yang akhirnya keluar dari ekskul tersebut karena tidak bisa bertahan lama.

3. Sesuaikan jadwal
Pilihlah ekskul yang tidak bentrok dengan kegiatanmu sepulang sekolah. Misalnya jika Fresher mengikuti les bahasa asing di luar sekolah, maka usahakan pilih ekskul yang tidak bentrok dengan jadwal les.

4. Hindari kegiatan yang dapat menurunkan nilai di sekolah
Kegiatan ekskul yang banyak menyita waktumu kemungkinan akan menurunkan nilaimu di sekolah. Misalnya dengan ikut ekskul tersebut, akan membuatmu capek ketika dirumah dan terlalu sibuk dengan ekskul. Akibatnya Fresher bisa saja lupa untuk melaksanakan kewajiban Fresher untuk belajar dengan bersungguh-sungguh

5. Konsultasi dengan orang tua
Konsultasikan ekskul apa yang akan Fresher ikuti kepada orang tua, agar orang tua bisa memberikan pendapat. Pendapat tersebutlah yang nantinya akan dijadikan pegangan olehmu agar dapat memilih ekskul yang sesuai kelak. (Diolah dari berbagai sumber)

Mengikuti ekskul memang banyak manfaatnya, karena kita bisa mengasah keterampilan, punya banyak teman, bahkan bisa memiliki prestasi melalui ekskul tersebut. Tapi jangan sampai mengikuti ekskul nilai sekolahmu jadi turun yaa.. Prioritaskan terlebih dahulu prestasimu dalam hal belajar karena itu merupakan kewajibanmu sebagai seorang pelajar.

Jadi, sudah punya pilihan ekskul apa yang akan diikuti? 😊

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme