Dalam merintis suatu usaha, menentukan lokasi yang tepat menjadi satu faktor yang penting. Dengan memilih lokasi yang tepat maka dapat menunjang keberhasilan dalam usaha yang kita bangun. Berikut akan diulas beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi usaha.

1. Dekat dengan target market

Sebelum menentukan lokasi usaha, pastikan terlebih dahulu siapa yang menjadi target pasar dari produk kita, apakah untuk kalangan tertentu, usia tertentu atau bahkan yang lebih spesifik lagi. Nilai tambah jika tempat usaha kita dapat menjangkau market yang lebih dekat sehingga pelanggan lebih mudah unttuk mengunjungi, lebih hemat waktu dan biaya bagi pelanggan.

2. Traffic dan akses

Arus lalu lalang orang dan kendaraan juga menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi untuk usaha. Selain itu, penting juga untuk diperhatikan kemudahan akses bagi pelanggan ke tenpat usaha kita.

3. Sharing area atau monopoli area

Sharing area adalah lokasi yang kita pilih dengan alasan di lokasi tersebut sudah ada toko sejenis atau kompetitor. Otomatis resiko memilih lokasi seperti ini berarti kita sudah siap untuk berkompetisi dalam segala hal. Keuntungan kita masuk di area jenis ini adalah sudah pasti ada market dan kita tidak perlu mengedukasi pasar lagi.

Sedangkan Monopoli area adalah lokasi yang benar2 belum ada pesaing dengan resiko kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mempromosikan toko kita, perlu usaha, waktu dan biaya. Akan tetapi karena kita sendiri ada di area tersebut, maka kita akan lebih leluasa untuk menetapkan harga, menikmati margin karena relatif tidak ada kompetitor.

4. Biaya sewa

Lokasi ruko yang startegis otomatis memiliki harga sewa yang tinggi. Biaya sewa juga perlu dipertimbangkan karena nantinya akan mempengaruhi biaya operasional per bulannya. Perlu diperhitungkan secara matang jika harga sewa terlalu tinggi, sepanjang selisih harganya masih tertutupi dengan potensi yang akan didapat, lebih baik memang memilih tempat yang strategis walaupun harga akuisisinya lebih mahal.

5. Kondisi lingkungan sekitar

Jenis usaha di kanan-kiri tempat usaha kita akan sedikit berpengaruh terhadap imej dan secara tidak langsungmempengaruhi minat kunjungan pelanggan. Sebagai contoh : usaha laundry kurang sesuai jika bersebelahan dengan bengkel.

Oleh : Chindy Grafidia

Sumber : Ciputra Entrepreneurship

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme