Handuk wajib kita perhatikan kebersihannya karena handuk yang kotor akan menjadi sarang bakteri atau kuman sehingga bisa menyebabkan gatal-gatal, kurap, kudis, dan penyakit kulit lainnya. Bagi fresher yang masih bingung bagaimana merawat handuk dengan benar, berikut Tips Merawat Handuk dengan baik dan benar agar handuk Fresher tetap lembut, bersih, dan nyaman dipakai.

  1. Cucilah handuk seminggu sekali agar tetap bersih dan nyaman digunakan.
  2. Jangan mencampurkan handuk lama dan handuk baru dalam satu tempat cucian. Handuk baru lebih banyak mengandung bahan kimia yang perlu dibersihkan terlebih dahulu yaitu dengan direndam di air hangat yang sudah dicampur detergen setidaknya 30 menit. Air hangat mampu membantu kinerja deterjen untuk melunturkan semua kotoran yang menempel pada handuk.
  3. Saat mencuci, pisahkan handuk dengan cucian pakaian lain agar tidak terkontaminasi kuman dari luar.
  4. Gunakan selalu deterjen cair untuk mencuci handuk, agar serat handuk tetap lembut dan gunakan sedikit saja cairan pelembut ketika mencuci handuk. Penggunaan pelembut yang terlalu banyak pada handuk justru akan mengakibatkan residu dari pelembut menumpuk di handuk dan lama kelamaan membuat bahan handuk menjadi kasar.
  5. Ketika mencuci handuk dengan mesin cuci, jangan mengisi mesin cuci terlalu penuh karena bahan handuk perlu ruang gerak agar proses pencuciannya optimal untuk menghilangkan kotoran dan sisa sabun mandi yang menempel. Sebaiknya hanya mencuci 2-3 handuk mandi dan 2 handuk kecil dalam sekali proses pencucian. Lalu pilih program air yang paling tinggi.
  6. Setelah selesai digunakan, jemurlah handuk secara melintang dan di bawah sinar matahari agar senantiasa kering dan terbebas dari jamur.
  7. Usahakan tidak menggantung handuk terlalu lama di dalam kamar mandi karena akan membuat handuk menjadi lembab, bau dan berjamur.
  8. Pastikan handuk kembali dalam keadaan kering bila Fresher ingin memakainya lagi karena pemakaian handuk dalam keadaan masih basah akan menimbulkan jamur.

Demikian Tips Merawat Handuk dengan baik dan benar dari Simply Fresh Laundry. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Oleh : Diana Artha

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme