Tips Memulai Bisnis Di Rumah Bagi Wanita

 

Sebagai wanita yang berkewajiban untuk mengurus rumah tangga bukanlah berarti tidak memungkinkan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Saat ini banyak ibu rumah tangga yang sukses dalam memulai usahanya sendiri dari rumah. Meskipun demikian, sebagai ibu rumah tangga harus pandai dalam mengatur waktu, jangan sampai karena bisnis yang dijalankan kemudian mengesampingkan kewajiban utama untuk mengurus rumah tangga. Berikut beberapa tips bagi Anda para wanita yang ingin memulai bisnis sendiri di rumah :

1.       Mulai dengan perencanaan

Bisnis apapun itu, meskipun masih dalam skala kecil, membutuhkan perencanaan sebelum memulai. Anda dapat memulainya dengan menentukan nama usaha dan contact person. Akan sangat lebih baik jika Anda juga mempersiapkan website maupun account jejaring sosial untuk memudahkan dan memperluas promosi Anda. Tentukan tujuan usaha Anda, apakah hanya untuk sekedar mengisi waktu luang atau untuk terus dipasarkan secara luas. Jika dalam perkembangannya usaha ini menghasilkan keuntungan, mulailah berpikir memperluas usaha, diawali dengan merekrut beberapa karyawan untuk membantu pekerjaan Anda. Siapa tahu bisnis ini akan terus dikenal, dan lama-kelamaan dapat dipasarkan lebih luas lagi.

2.       Atur waktu kerja

Mengatur waktu yang efisien setiap hari adalah kunci utama bekerja di rumah. Anda harus pintar membagi waktu antara mengurus pekerjaan dan mengurus anak-anak. Selain mengatur waktu, Anda juga harus dapat bekerja secara efisien. Jika anak-anak butuh perhatian, tunda dulu pekerjaan. Ketika mereka sudah tenang dan dapat bermain, lanjutkan dan selesaikan pekerjaan. Dengan demikian Anda tetap dapat mendampingi anak Anda sembari menjalankan bisnis Anda.

3.       Tetap menjadi ibu rumah tangga

Bekerja di rumah memang penuh tantangan, sekaligus memberikan banyak waktu bertemu dengan keluarga, khususnya anak-anak. Namun, semua harus diatur dengan baik. Jangan sampai pekerjaan terganggu akibat teriakan-teriakan anak, atau ketika anda ingin mencari informasi di internet, anda harus tenganggu ulah si kecil yang asyik main game di komputer. Anda dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk bekerja di jam tidur siang anak. Anda juga dapat menyiasati dengan membuat tempat khusus bagi anak di ruang kerja Anda, sehingga ketika Anda bekerja anak tetap berada dalam pengawasan Anda. Anda dapat menyediakan buku bacaan, mainan atau buku mewarnai sehingga anak juga memiliki aktivitasnya sendiri. Akan lebih baik jika anda meletakkan meja kerja di dekat jendela, sehingga tetap dapat mengawasi anak-anak anda ketika mereka sedang bermain di halaman. Jika punya waktu luang, lakukan aktivitas bersama anak-anak sehingga mereka tidak bosan di rumah terus, misalnya jalan-jalan, bersepeda, dan kegiatan lain.

 

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme