Tips Memulai Bisnis Sampingan Pertama Anda

Saat ini trend memulai bisnis sampingan sedang banyak digandrungi. Sekalipun Anda adalah seorang karyawan yang sudah memiliki penghasilan tetap per bulan, tidak ada salahnya Anda memiliki bisnis sendiri, karena banyak sekali manfaatnya bagi Anda. Selain dapat menambah penghasilan bulanan Anda, bisnis sampingan yang ditekuni secara serius juga dapat menjadi aset jangka panjang bagi Anda dan sumber dana cadangan bila suatu saat Anda menjumpai hal-hal yang tak terduga. Berikut beberapa tips bagi Anda yamg ingin memulai bisnis sampingan pertama Anda:


1.Pastikan Anda tahu produk apa yang akan Anda tawarkan

Sebelum memulai bisnis Anda sendiri, pastikan Anda benar-benar tahu produk apa yang akan Anda tawarkan kepada konsumen. Anda juga perlu memperoleh gambaran tentang pasar yang akan Anda masuki. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis secara online Anda dapat melakukan survei ke beberapa marketplace dan melihat bagaimana orang lain berbisnis online. Dengan mengeksplorasi pasar yang sudah ada Anda dapat memiliki gambaran awal mengenai kompetitor baik dari segi barang yang dijual, kualitas maupun harga yang ditawarkan
2.Jangan terlalu banyak menghamburkan modal
Kesalahan umum pengusaha pemula adalah menghamburkan modal yang mereka miliki ketika awal pembukaan bisnis. Lebih fatal lagi ketika mereka tidak mempersiapkan dan memisahkan dana cadangan di luar modal yang digunakan. Ada baiknya Anda mengelola modal usaha secara efektif dan efisien. Hilangkan pengeluaran yang tidak penting dan mendesak. Pengeluaran-pengeluaran tersebut dapat Anda tunda nanti ketika usaha Anda sudah menghasilkan keuntungan
3.Uji pasar
Terkadang tidak mudah mengetahui selera pasar dan apa yang dibutuhkan konsumen. Untuk mengetahuinya Anda perlu melakukan uji pasar. Feedback dari konsumen akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mengembangkan dan memperbaiki produk Anda.
4.Siap dengan segala resiko
Sebagai yang kita ketahui bersama, dunia bisnis adalah dunia yang penuh dengan resiko. Ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan berbagai resiko yang mungkin akan muncul, resiko terburuk adalah kegagalan. Dengan mental yang siap, Anda akan lebih tangguh dan tidak akan mudah menyerah dalam usaha Anda sekalipun Anda menjumpai tantangan dalam bisnis Anda. Dan dengan demikian Anda akan lebih mudah untuk berpikir positif dan mengambil pelajaran dari berbagai rintangan yang Anda jumpai dalam perjalanan bisnis Anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme