Tips Mengatur Keuangan

Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sendiri, tentunya harus memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan baik. Tanpa adanya manajemen keuangan yang baik dalam usaha Anda, tentunya usaha Anda sulit mencapai kesuksesan, bahkan bisa menghadapi kebangkrutan. Oleh karenanya, jika Anda ingin sukses dalam usaha Anda maka Anda perlu belajar mengatur keuangan yang sehat. Berikut beberapa tipsnya :

1.Menyusun anggaran keuangan

Penting bagi Anda untuk menyusun anggaran keuangan. Hal ini berfungsi untuk mengontrol pemasukan dan pengeluaran Anda. Setiap kali menerima pemasukan, langsung buat perincian terhadap biaya-biaya kebutuhan Anda, misal untuk belanja bulanan, membayar cicilan dan pengeluaran-pengeluaran lainnya. Dengan demikian, pengeluaran Anda akan lebih terencana.

2.Dahulukan kebutuhan

Setelah membuat anggaran keuangan, terapkan hal tersebut dalam keseharian Anda. Mulailah dengan pengeluaran pokok Anda, sesuai dengan skala prioritas Anda. Hindarkan pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting dan tidak mendesak.

3.Hindari kartu debit atau kartu kredit

Dua instrumen tersebut memang memudahkan Anda dalam bertransaksi, namun ketika Anda sedang berusaha mengatur keuangan dengan sehat, hindarkan penggunaan keduanya. Mungkin agak merepotkan bagi Anda yang sudah terbiasa mengandalkan kepraktisan kartu kredit atau debit.

Namun Anda dapat memulainya dengan membawa uang tunai. Bahkan jika perlu Anda menentukan jatah mingguan uang tunai yang perlu Anda keluarkan. Selain terbebas dari utang, menghindari kartu debit dan kartu kredit akan membuat Anda terbiasa berhemat.

4.Berhemat

Supaya pola keuangan Anda tetap sehat, pastika tidak ada kebocoran dalam anggaran keuangan Anda. Lakukan berbagai upaya penghematan, misalnya mengganti makan siang di luar dengan membawa bekal dari rumah. Hindari juga pergi ke pusat perbelanjaan saat sedang mengatur pola keuangan yang sehat. Apalagi jika hanya sekadar melakukan cuci mata, karena hal ini biasanya akan memicu munculnya pengeluaran yang tak terduga.

5.Memonitor keuangan

Jika Anda sudah menerapkan langkah tersebut, yang terakhir adalah melakukan monitoring keuangan Anda. Apakah pengeluaran Anda sudah lebih kecil daripada pemasukan? Apakah Anda sudah mulai terbebas dari utang-utang kartu kredit? Jika begitu, lanjutkan kebiasaan ini agar pola keuangan Anda tetap sehat.

Monitor keuangan Anda dengan cara cek kembali biaya-biaya apa saja yang telah dikeluarkan setelah melakukan aktivitas seharian. Catat setiap uang yang dibelanjakan. Lalu monitor apakah biaya yang dikeluarkan termasuk dalam kebutuhan atau keinginan.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme