Tips Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh

Tips Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh

Tips Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh

Meningkatkan metabolisme merupakan salah satu hal terpenting yang berperan dalam menjaga kestabilan berat badan, akan tetapi seberapa cepat tubuh anda dapat membakar kalori bergantung pada berbagai aspek. Sebagian orang ada yang mempunyai proses metabolisme yang cepat.

Dalam hal ini, pria dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan wanita, bahkan ketika sedang beristirahat. Dan sebagian besar orang, dalam proses metabolismenya akan terus menurun setelah menginjak usia 40 tahun. Meski Anda tidak dapat mengontrol usia, jenis kelamin, atau berbagai hal genetik lainnya, masih ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh anda.

1. Membentuk otot
Dalam proses pembakaran kalori dalam tubuh akan terus terjadi walaupun dalam keadaan tidak melakukan apa-apa. Orang yang berotot akan cenderung memiliki Resting Metabolic Rate atau tingkat metabolisme istirahat yang sangat tinggi. Setiap otot menghabiskan sekitar 6 kalori per hari, sementara setiap pound lemak sanggup membakar 2 kalori per hari. Setelah melakukan latihan yang cukup, otot akan muncul dan akan meningkatkan metabolisme harian tubuh anda.

2. Meningkatkan latihan fisik
Latihan aerobik tidak akan menumbuhkan otot, akan tetapi latihan tersebut selama beberapa jam diyakini mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh anda. Latihan dengan tingkat intensitas tinggi akan berdampak positif pada proses metabolisme dalam tubuh anda. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih, Anda dapat melakukan opsi untuk melakukan gym dan memperbanyak jogging.

3. Memperbanyak minum air putih
Untuk proses pembakaran kalori yang optimal, tubuh memerlukan cukup banyak asupan air. Proses metabolisme akan menurun jika anda dehidrasi atau kekurangan air. Riset menunjukkan bahwa orang dewasa yang minum 6 – 8 gelas per hari akan membakar kalori yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan yang hanya minum 4 gelas per hari. Supaya tubuh tetap terhidrasi, minum segelas air sebelum makan atau anda dapat mencoba mengonsumsi buah atau sayur-sayuran yang mengandung banyak air sebagai camilan.

4. Memperbanyak protein
Jika Anda rutin mengonsumsi protein, maka banyak porsi kalori yang terbakar di dalam tubuh dibanding dengan karbohidrat. Untuk menyiasati hal ini, gantilah karbohidrat anda dengan makanan berlemak yang dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Sumber protein terdapat pada daging, ikan, ayam, tahu, kacang-kacangan dan telur.

Demikian Informasi yang Mr.Fresh bagikan mengenai tips meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Semoga bermanfaat. Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme