5 Tips Mudah Merawat Koper

5 Tips Mudah Merawat Koper

Liburan ga lengkap rasanya tanpa berpergian dan jalan-jalan. Destinasi menarik atau ikut paket tour wisata pasti sudah kita siapkan dari jauh-jauh hari selain list kebutuhan oleh-oleh untuk orang-orang yang kita sayangi. Semua kebutuhan itu akan lebih mudah dipacking dalam sebuah koper jika dibandingkan dengan tas biasa. Namun, biasanya setelah kita pakai, kita lupa untuk merawat koper yang telah kita gunakan. Padahal jika koper yang fresher miliki dirawat dengan baik, maka jika musim liburan datang, fresher tidak perlu membeli koper yang baru. Biar lebih tahu gimana cara merawat koper kesayangan fresher, berikut adalah tips yang bisa jadi referensi dalam menjaga dan merawat koper kesayangan.

1. Periksa secara detail

Tips Merawat Koper

Setelah menggunakan koper dengan barang penuh di dalamnya, maka keluarkan barang-barang fresher. Setelah itu periksalah tiap-tiap bagian koper seperti handle pegangan, roda, resleting dan konci kombinasi. Jika rusak, segeralah perbaiki agar nyaman untuk digunakan kembali.

2. Bersihkan dengan lembut

Sekalipun material koper fresher terlihat keras, namun fresher perlu memperlakukannya dengan lembut. Bersihkan koper menggunakan sikat atau kain setengah basah dengan cara dilap pada bagian yang kotor. Untuk noda yang membandel dapat menggunakan kain basah dan diberikan air sabun kemudian dilap pada bagian yang noda (kecuali noda minyak).

3. Jemur dan angina-anginkan

Setelah berpergian, jemurlah dan angina-anginkan koper yang telah fresher gunakan. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari bau apek dan jamur. Jika fresher memiliki silica gel, taruhlah di dalam kope yang telah dijemur dan diangin-anginkan. Silica gel berfungsi untuk mencegah timbulnya jamur. Namun, untuk menjaga warna koper, fresher tidak boleh menjemur koper dibawah matahari secara langsung. Proses penjemuran dan diangin-anginkan hanya sekitar 10 menit saja.

4. Bungkus dengan plastik

Tips Merawat Koper

Untuk lebih menjaga koper fresher, maka proses pembungkusan perlu dilakukan setelah proses penjemuran dan proses mengangin-anginkan. Fresher dapat menggunakan plastik berukuran besar atau dengan pembungkus koper yang dapat ditemukan disetiap toko tas.

5. Beri minyak pada trolly

Tips Merawat Koper

Hal ini kerap kita lupakan, trolly koper yang kotor perlu kita bersihkan dan rutin untuk diberikan minyak pelumas. Selain mencegah berkarat juga mencegah trolly menjadi seret.

Demikian 5 Tips Mudah Merawat Koper agar koper kesayangan fresher agar lebih awet dan terjaga. Semoga bermanfaat ^_^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme