Tips Mudah Meningkatkan Metabolisme

Tips Mudah Meningkatkan Metabolisme

Tips Mudah Meningkatkan Metabolisme

Sobat Fresher, Metabolisme merupakan proses di mana makanan dan kalori dalam tubuh diubah menjadi energi yang dibutuhkan bagi tubuh untuk melakukan aktivitas. Beberapa gangguan terkait metabolisme seringkali dihubungkan dengan penurunan derajat kesehatan tubuh anda.

Sebenarnya, terdapat beberapa tips mudah dan sederhana untuk mengatasi masalah gangguan pada proses metabolisme. Berikut Mr.Fresh rangkum beberapa tips mudah meningkatkan metabolisme tubuh melalui asupan gizi dan nutrisi seperti dikutip dari MensHealth :

1. Diet makanan yang kaya akan zat besi

Tubuh memerlukan asupan zat besi yang cukup untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh anda. Asupan zat besi sangat penting bagi tubuh anda khususnya untuk membawa oksigen dari otot untuk membakar lemak dalam tubuh anda. Makanan yang kaya akan zat besi yang sering kita jumpai seperti : Kerang, daging tanpa lemak, kacang, sereal, dan bayam merupakan sumber terbaik yang kaya akan zat besi.

Tetapi perlu anda ingat, mengonsumsi suplemen zat besi bukan merupakan ide yang terbaik untuk meningkatkan proses metabolisme, apalagi jika anda mengonsumsinya sampai berlebihan. Terlalu banyak asupan zat besi telah banyak dikaitkan dengan risiko lebih besar mengidap penyakit jantung pada pria.

2. Penuhi asupan vitamin D

Para peneliti memperkirakan masih banyak orang yang belum cukup dalam memenuhi asupan vitamin D melalui proses diet atau terkait dengan pola makan mereka. Padahal, vitamin D sangat penting bagi tubuh anda untuk melestarikan metabolisme pada jaringan otot. Anda bisa mencukupi kebutuhan jumlah asupan vitamin D anda melalui makanan, seperti ikan salmon, ikan tuna, susu fortifikasi, sereal, dan telur.

3. Minum Susu

Ada beberapa bukti dari sebuah studi penelitian yang memperlihatkan dan membuktikan bahwa kekurangan kalsium dapat memperlambat proses metabolisme bagi tubuh. Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa, mengonsumsi kalsium dalam bentuk makanan seperti susu bebas lemak dan yogurt rendah lemak diyakini dapat mengurangi penyerapan lemak dari makanan lain.

4. Mengonsumsi semangka

Sebuah riset penelitian terbaru dalam Journal of Nutrition mengklaim bahwa, kandungan asam amino arginin yang berlimpah dalam buah semangka, diyakini dapat mempromosikan penurunan berat badan anda. Oleh karena itu konsumsilah buah semangka dengan porsi yang cukup dan tetap seimbangkan dengan pola makan sehat anda. .

5. Usahakan anda tetap terhidrasi

Semua yang berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi pada tubuh, termasuk proses metabolisme yang sebagian besar tergantung pada air. Apabila anda mengalami dehidrasi, pada proses pembakaran kalori mungkin 2 persen lebih sedikit, demikian menurut peneliti dari University of Utah yang memantau dan menganalisa tingkat metabolisme dari sampel10 orang dewasa terkait konsumsi jumlah air per harinya.

Dalam studi penelitian tersebut, peneliti telah menemukan hasil penelitian bahwa mereka yang minum delapan atau dua belas gelas air sehari memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari jumlah tersebut.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar tips mudah meningkatkan metabolisme tubuh anda, semoga bermanfaat. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme