credit picture : http://www.moneycrush.com
credit picture : http://www.moneycrush.com

Memulai bisnis sampingan memiliki banyak manfaat sekalipun bagi Anda yang sudah memiliki pendapatan tetap dari suatu perusahaan. Salin menambah pendaptan Anda, hasil dari bisnis sampingan juga dapat Anda manfaatkan sebagai tabungan masa depan ataupun sebagai dana cadangan (tak terduga). Kekhawatiran dalam memulai bisnis sampingan adalah tidak dapat memanage waktu dengan baik antara pekerjaan utama dengan bisnis sampingannya, dan juga kekhawatiran akan menjumpai kegagalan dalam bisnis. Namun sebenarnya bisnis sampingan dapat berjalan dengan lancar dan menguntungkan selama Anda memiliki tekad yang kuat dan tekun dalam menjalankannya. Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis sampingan :


1.Membangun motivasi yang tinggi

Niat dan tekad yang kuat adalah hal mendasar yang diperlukan sebelum Anda memulai bisnis, terutama bagi Anda yang belum pernah memulai bisnis sebelumnya. Rintangan dan tekanan baik dalam pekerjaan maupun bisnis yang dijalani tidak jarang berpotensi membuat Anda menyerah. Oleh karenanya carilah motivasi yang sekiranya akan selalu membuat Anda bergerak. Misalnya cita-cita yang ingin Anda raih melalui bisnis tersebut.
2.Persiapan matang
Persiapan diperlukan bukan hanya yang bersifat bahan baku ataupun persiapan produksi, namun juga yang bersifat analisa pasar, administrasi dan promosi serta penjualan. Dan jika memang diperlukan, Anda dapat memperkerjakan staff untuk membantu Anda dalam menghandle bisnis Anda.
3.Mempelajari market
Sebelum membuka suatu usaha, pastikan usaha tersebut potensial, dalam artian memiliki market yang jelas. Untuk itu pelajari dan lakukan riset terlebih dahulu mengenai market yang akan Anda bidik, sehingga usaha Anda menjadi lebih mudah dikembangkan.
4.Manajemen waktu
Ketika Anda membangun bisnis sampingan di luar pekerjaan utama Anda, manajemen waktu yang tepat menjadi kunci keberhasilan. Jangan sampai karena Anda terlalu fokus pada bisnis Anda sendiri sehingga mengganggu pekerjaan utama Anda. Atau Anda menjadi tidak fokus kepada kedua-duanya. Jika diperlukan, buatlah jadwal untuk mengatur waktu Anda sehari-hari.
5.Jangan anggap sambilan
Jika Anda ingin sukses, jangan jadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan saja, tapi anggaplah sebagai pekerjaan kedua yang sama pentingnya. Dengan pola pikir semacam itu maka Anda akan terlatih untuk mengelola lebih serius bisnis sampingan Anda
6.Persiapkan jika gagal
Menjadi pebisnis, Anda juga harus siap untuk menghadapi kegagalan. Oleh karenanya Anda perlu mempersiapkan rencana cadangan jika usaha Anda menghadapi rintangan ataupun kendala. Pikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi sehingga Anda dapat mengantisipasi resiko-resiko terburuk.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme