Tips Tepat Mencuci Sayur dan Buah

Tips Tepat Mencuci Sayur dan Buah

Kulkas merupakan salah satu tempat andalan bagi kita untuk menyimpan bahan pangan sehari-hari, karena kesegarannya lebih terjaga. Akan tetapi, kulkas juga dapat menjadi media penularan kuman yang dapat memicu zat-zat yang terkandung dalam makanan menjadi hilang, bahkan bisa beresiko keracunan makanan.

Kuman dan bakteri bisa saja berasal dari tumpahan cairan atau bisa saja dari bahan makanan, bahkan sekalipun kita sudah mencuci bahan pangan sebelum menyimpannya di dalam kulkas. Sebagian bakteri di bahan pangan bahkan mampu hidup sampai seminggu di kulkas.

Dengan mencuci sayuran dan buah beberapa detik saja di bawah air mengalir ternyata tidak cukup untuk menghilangkan dan menyingkirkan kuman, debu, atau pestisida di dalamnya. Berikut Mr.Fresh rangkum beberapa tips tepat mencuci sayur dan buah anda supaya tetap terjamin kualitas gizi yang terkandung dalam buah dan sayur berikut ini :

Cara menyimpan buah dan sayuran
Buah dan sayuran biarkanlah tetap berada di plastik dari pada mengeluarkannya dan meletakknya langsung di kulkas. Akan tetapi longgarkan sedikit plastiknya agar kelembaban bisa keluar sehingga dapat mencegah pertumbuhan jamur pada buah dan sayuran tersebut.

Cara membilas buah dan sayuran
Usahakan cucilah setiap jenis sayur dan buah-buahan di bawah air mengalir selama 30-60 detik. Sebenarnya membilas dengan air keran tanpa sabun pun sudah cukup bersih asalkan anda membilasnya dalam jangka waktu tersebut supaya sayur dan buah anda tetap segar pada saat disimpan.

Cara menggosok buah dan sayuran
Gunakan tangan anda untuk menggosok kulit buah dan sayuran supaya kuman dan bakteri yang terdapat dalam buah dan sayuran lebih mudah dihilangkan. Akan tetapi jangan menggosoknya terlalu keras. Untuk buah atau sayuran yang keras, anda bisa menggunakan sikat khusus untuk buah-buahan atau sikat gigi bersih.

Penggunaan sikat tersebut terutama untuk sayuran yang terdapat celah kecil, seperti sayuran brokoli atau kembang kol. Jangan lupa untuk mencuci permukaan buah jeruk, melon, atau semangka pada saat dikonsumsi meskipun anda akan mengupasnya pada saat mengonsumsinya.

“Tanpa kita sadari, pada saat kita memotong bahan pangan dengan pisau, bakteri di permukaan bisa masuk ke dalam bahan pangan,” menurut Sandria Godwin, profesor di College of Agriculture, Human and Natural Science, Tennessee State University, AS.

Cara merendam buah dan sayuran
Sebagian besar buah dan sayuran tidak perlu direndam, kecuali sayuran yang berdaun hijau seperti bayam, daun singkong, atau selada. Setelah buah dan sayuran direndam, bilas buah dan sayuran anda di bawah air mengalir dengan mengikuti petunjuk cara membilas yang sudah dijelaskan diatas.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar tips tepat mencuci sayur dan buah, semoga bermanfaat. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme