Salah satu tantangan yang selalu muncul dalam bisnis adalah persaingan bisnis. Persaingan bisnis menjadi suatu hal yang selalu ada dan tidak dapat dihindari. Munculnya persaingan bisnis dalam bidang yang sama harus disikapi secara positif, karena dengan adanya persaingan tersebut kita akan selalu berusaha untuk berinovasi dan memunculkan ide-ide baru untuk memajukan bisnis kita. Berikut akan dibahas mengenai beberapa trik untuk menghadapi persaingan bisnis.

1. Membuat konsep bisnis yang matang

Menjalankan bisnis tidak hanya membutuhkan ide dan passion semata, namun juga memerlukan sebua konsep yang matang. Konsep bisnis yang matang akan membantu dalam mengenali berbagai potensi dan pangsa pasar yang ingin dituju. Dalam menentukan konsep bisnis, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain selera dan karakteristik masyarakat, daya beli, sumber bahan baku sampai adanya bisnis sejenis.

2. Perencanaan matang

Konsep bisnis yang matang akan membantu untuk membuat perencanaan bisnis yang matang juga. Yang termasuk dalam business plan meliputi rencana promosi, rencana pemasaran, karyawan hingga rencana pengaturan keuangan. Dengan adanya perencanaan yang matang Anda dapat menentukan solusi dari setiap masalah yang mungkin akan dihadapi termasuk menghadapi persaingan bisnis serupa.

4. Inovasi

Persaingan dalam bisnis, jika disikapi secara positif maka akan menjadikan Anda lebih kreatif untuk berkreasi. Dengan adanya persaingan akan membuat Anda jadi lebih inovatif untuk menciptakan produk dan terobosan baru, yang nantinya akan menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda dibandingkan dengan pesaing.

5. Perluasan pasar

Dalam menghadapi persaingan bisnis salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memperluas pemasaran produk. Perluasan pasar produk ini bisa berarti memperluas target pangsa pasar maupun jangkauan wilayah pemasaran dari produk yang akan dipasarkan. Selain itu, untuk memperluas pasar dengan membuka cabang usaha baru, membuka keagenan atau menyediakan layanan delivery.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme