Yuk Belajar Mencintai Pekerjaanmu

Yuk Belajar Mencintai Pekerjaanmu
Jika kemarin Mr.Fresh memberikan tips mengenai 10 alasan kenapa anda harus mencintai pekerjaan anda, maka kali ini Fresher perlu tahu bagaimana caranya untuk mencintai pekerjaan yang anda lakukan miliki saat ini.

Setiap pekerjaan pasti anda akan merasakan kondisi up and down. Ada kalanya anda merasakan keberhasilan, ada kalanya anda merasakan kegagalan atau lelah dengan rutinitas yang ada. Padahal semua itu nyatanya adalah proses menuju kesuksesan. Yap! Karena kesuksesan membutuhkan kerja keras, pemikiran dan tentu saja komitmen dalam menghadapi segala hambatan.

Mencintai pekerjaan adalah hal ideal yang bisa dicapai sedikit orang-orang beruntung. Ada kepuasan, perasaan tertantang, dan keterlibatan ketika kamu berhasil menyukai apa yang kamu lakukan. Ketika kamu menyukai apa yang kamu lakukan, kinerjamu akan menjadi lebih baik ketimbang melakukan hal yang tidak kamu sukai. Setuju kan Fresher ?

Nah, karena itu Yuk Belajar Mencintai Pekerjaanmu

1. Kurangi Fokus Pada Uang
Apakah anda tipe yang hanya bahagia pada saat hari gajian dan membenci juga selalu mengeluh pada saat hari-hari kerja ? Jika iya maka pasti setiap harinya anda hanya akan merasakan ketidakbahagiaan saat melakukan kerja. Karena bagaimana pun jika kebahagiaan dinilai dengan uang maka tidak akan bertahan lama. Keinginan konsumtif selalu bertambah jika kita memiliki uang dan tidak sebanding dengan gaji yang anda dapatkan.

Jika itu terjadi maka segera ubah fokus anda dalam bekerja, temukan hal lain yang kamu sukai dari pekerjaanmu. Bisa jadi itu adalah rekan-rekan kerjamu? Kemungkinan menjadi pegawai terbaik bulan ini? Bertemu dengan banyak orang baru? Ketika kamu menemukan fokus baru, hal ini akan memberimu kekuatan untuk menghadapi hari-hari sulit dan membuatmu tidak terpaku pada sisi menyebalkan dari pekerjaanmu.

2. Kenali Kemampuanmu
Menemukan semangat dalam bekerja, merasakan setiap hambatan bisa dilalui dengan usaha dan keyakinanmu maka kamu sudah berhasil menemukan kesenangan dalam bekerja. Menyukai pekerjaanmu membutuhkan gabungan antara keahlian dan hasil yang memuaskan dari apa yang kamu kerjakan. Karena itu anda harus mengetahui kelebihan dan keahlian yang kamu punya. Fresher harus menghargai hal tersebut, dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya dalam pekerjaan sehari-hari.

3. Hindari gabut!
Jika kamu bosan dengan pekerjaan, mungkin anda sedang pasif, tidak aktif, atau magabut (makan gaji buta). Ubah cara berpikir dan pola kerja anda dari reaktif menjadi proaktif. Biasanya Fresher proaktif saat mencari kerja, namun ketika sudah bekerja, bisa berubah menjadi reaktif atas perintah bos. Mulailah jadi proaktif lagi, cari inisiatif baru, cara baru, tantangan baru, sehingga tidak bosan sekaligus meningkatkan kinerja anda di kantor.

4. Jangan ragu mengambil tantangan
Jika Fresher sudah bersikap pasif akan hal yang terjadi di kantor maka bisa jadi itu tanda kecintaan anda akan pekerjaan sudah berkurang. Mulailah mengubah kebiasaan ini jika Fresher ingin mendapat pengalaman dan tantangan di tempat kerja. Pasang mata dan telinga untuk mengetahui kesempatan baru, kemudian ajukan diri. Dengan mengambil tantangan baru akan membuat anda bersemangat apalagi jika anda berhasil melaksanakannya dengan baik.

5. Ubah hal yang bisa anda ubah
Ubahlah sikap anda sendiri! Tersenyumlah, berterima kasih pada orang lain, jangan biarkan orang-orang menyebalkan menyulut emosi anda, dan perbanyak tertawa. Dapatkan inspirasi mengenai pekerjaan anda dengan membaca informasi baru. Jangan malas juga untuk merapikan dan mendekorasi meja agar suasana lebih segar dan mendukung kerja anda. Semakin Fresher mencoba mengubah sikap menjadi lebih positif maka anda akan makin bahagia dan antusias menghadapi pekerjaan

Bagaimana Fresher ? Tidak ada salahnya kan mencoba untuk melakukan tips di atas ? Segala sesuatunya termasuk suasana kantor memang tidak ada yang sempurna, kebosanan bisa melanda siapa saja yang paling penting adalah sikap anda untuk mengatasi kebosanan tersebut. Mr.Fresh ucapkan Semangat berkarya!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme