Yuk Kenalan dengan Berbagai Jenis Jaket

Yuk Kenalan dengan Berbagai Jenis Jaket

Siapa yang tidak memiliki koleksi jaket. Jenis pakaian yang bersifat outer ini sudah bagaikan must have item bagi setiap orang. Jaket membuat sang pemakainya merasa nyaman baik saat cuaca panas, hujan ataupun dingin berangin.

Untuk memenuhi kebutuhan pemakainya maka jaket berkembang dengan berbagai model dan bahan. Coba ada berapa jenis jaket yang kamu tahu Fresher? Yuk Kenalan dengan Berbagai Jenis Jaket berikut:

bomber1bomber2

1. Bomber Jacket
Dikenal sebagai jaketnya para pilot maka jaket ini juga bisa disebut sebagai flight jacket. Jake ini mulai menjadi favorit para remaja sejak tahun 1970-an. Bomber jacket mempunyai ciri khas bentuknya yg tebal/bulky dan dengan resliting sebagai bukaannya plus mempunyai kantung di bagian samping kiri kanan jaket.
Model kekinian jaket ini sudah dimodifikasi dengan cutting yang lebih simpel dan bahan yang lebih beragam. Di tahun 1990-an, jaket yang biasanya terbuat dari bahan tebal ini kembali tren dan jadi icon musisi hip hop. Sejak saat itu, bomber jacket jadi item wajib untuk pecinta hip hop style

cape

2. Cape Coat
Cape dalam istilah mode berarti sejenis blus model poncho atau blus berlengan kelelawar. Cape juga sering dikenakan dalam penggambaran tokoh detektif terkenal Sherlock Holmes.
Fungsi cape sendiri berhubungan erat dengan cuaca dingin. Melihat wujudnya, segera Anda akan teringat dengan jas hujan (rain coat). Cape berbahan anti basah berfungsi melindungi diri dari rintik air hujan. Beberapa unit militer dan kepolisian di sebagian negara, seperti Inggris dan Prancis memasukan cape sebagai unsur seragamnya di musim hujan.
Selain itu, cape pun dikenal sebagai ovengarment untuk melapisi gaun-gaun mahal para wanita berkelas. Tidak heran bila cape yang mereka kenakan terbuat dari bahan mewah seperti bulu binatang asli atau velvet. Saat berada di dalam ruangan, cape dilepas dan digantung seperti mantel.

duffle coat

3. Duffle Coat
Duffle coat merupakan coat yang terbuat dari bahan wol dan biasanya berpotongan lurus. Duffle atau disebut juga Duffel merupakan nama provinsi di Belgia tempat material ini berasal. Duffle coat umumnya berwarna polos tapi ada juga yang memakai motif tartan alias kotak-kotak.
Ciri jaket ini adalah ada kantong berukuran besar di bagian depan dan ada empat atau enam kancing di depan dada. Bahan kancingnya kebanyakan dari kayu ikat yang menambah ciri khasnya. Biasanya panjang coat ini mencapai lutut. Jaket ini berfungsi sebagai penghangat disaat cuaca dingin karena kebanyakan terbuat dari bahan wol.

jaket kulit2

4. Leather Jacket
Ciri khas jaket satunya ini sangat terlihat, apalagi kalau bukan dari bahannya yang terbuat dari kulit. Jaket kulit premium tentu saja yang terbuat dari kulit binatang asli. Tetapi saat ini jaket kulit juga dimodifikasi dengan menggunakan kulit sintetis. Jaket kulit sangat melindungi pemakainya dari cuaca dingin serta berangin. Selain hangat, leather jacket juga membuat kita tampil stylish.

tweed1tweed2

5. Tweed Jacket
Disebut juga tweed coat. Biasanya jaket ini dipakai untuk acara formal dan khusus digunakan oleh pria. Tapi akhirnya muncul tweed jacket untuk wanita dengan potongan yang tidak jauh beda dengan punya pria. Ciri khas jaket ini terbuat dari bahan suede, corduroy, denim, dan tweed. Potongannya simpel mirip jas. Dulu, jaket ini dipakai untuk kegiatan outdoor sehingga sekarang pun sering dipakai jika kita aktif di luar ruangan. Apalagi di musim hujan seperti sekarang.

pea

6. Pea Jacket
Disebut juga pea coat atau pilot jaket yang umumnya berwarna biru atau navy. Soalnya, awalnya jaket ini dipakai oleh Angkatan Laut Eropa dan Amerika. Ciri khas jaket ini adalah kerah yang rendah mencapai dada dan memiliki aksen double serta memiliki kancing. Jaket ini sudah ada sejak lama banget, tepatnya tahun 1720. Jaket ini cocok untuk kita yang suka bergaya klasik karena potongannya yang lurus.

swing

7. Swing Coat
Salah satu model coat yang cukup populer dan menjadi item wajib bagi masyarakat yang bermukim diwilayah bersuhu dingin yaitu berupa swing coat yang berpotongan cukup longgar. Swing coat merupakan sebuah mantel panjang hingga sebatas lutut yang dilengkapi dengan kerah, sepasang saku depan, serta beberapa buah kancing sebagai penutup belahan bagian depannya.
Ciri khas coat ini yang memiliki siluet melebar mulai dari bagian pinggang kebawah menjadikan swing coat sebagai salah satu jenis mantel yang banyak digemari oleh seseorang yang bertubuh mungil. Perpaduan antara kerah yang lebar dan lengan sepanjang tiga perempat mampu membuat tubuh pemakainya terkesan agak tinggi dan terlihat lebih berisi.

trench2

8. Trench Coat
Trench Coat adalah kombinasi dari jas dan jaket yang berfungsi memberikan perlindungan dan kehangatan pada tubuh. Ciri khas jaket ini terbuat dari bahan yang tahan air, memiliki 10 kancing depan, kerah yang lebar, terdapat sabuk di pinggang, serta memiliki tali di sekitar pergelangan tangan. Jaket ini juga memiliki tali bahu yang dekat dengan kancing. Berdasarkan jumlah baris kancing di bagian depan, jas terdiri dari jas kancing sebaris (single breasted) dan jas kancing dua baris (double breasted). Warna tradisional jaket ini adalah khaki, karena digunakan oleh perwira angkatan darat.
Pada perkembangannya trench coat ini sangat bervariasi, dengan desain yang beraneka ragam disesuaikan dengan tren fashion saat ini, salah satunya jaket korea. Hampir sebagian besar desain atau model jaket korea sama dengan trench coat. Meskipun ada beberapa yang mengadaptasi dari jenis jaket yang lain.

parka2

9. Parka Jacket
Parka itu sendiri adalah jenis jaket tebal dengan kerudung, sering dilapisi dengan bulu atau bulu palsu. Biasanya berpotongan besar dan panjang mencapai lutut serta dilengkapi hoodie yang akan melindungi kita dari angin dan cuaca dingin. Makanya, jaket parka ini cocok banget dipakai di musim penghujan seperti sekarang.

Ciri khas jaket ini adalah parka merupakan jaket yang tahan air, berkerudung tanpa bukaan depan, dan kadang-kadang drawstrings di pinggang dan manset, dan parka adalah jaket cuaca dingin selutut atau mantel, sangat hangat, dan dengan tudung bulu berlapis.
Awalnya Parka dibuat dari kulit karibu atau segel, untuk berburu dan kayak di Kutub Utara yang dingin dan memerlukan lapisan yang baik dengan minyak ikan untuk mempertahankan ketahanan air parka itu sendiri.

varsity

10. Varsity Jacket
Jaket Varsity atau yang awalnya dikenal dengan sebutan Jaket Letterman adalah simbol dari sekolah menengah akhir dan kampus-kampus di Amerika. Pada awalnya jaket hanya digunakan mahasiswa di Universitas Harvard lalu menyebar ke sekolah-sekolah lain sampai akhirnya sekarang banyak dipakai oleh orang. Jaket ini juga dikenal sebagai jaket baseball karena banyak juga digunakan oleh klub baseball. Ciri khas jaket ini adalalah huruf yang dibordir pada dada jaket. Jaket ini juga memiliki potongan pendek sepinggang dan pas di tubuh sehingga cocok saat santai.

windbreaker

11. Windbreaker Jacket
Sesuai namanya, jaket ini dibuat untuk menghindari kita dari hujan dan angin. Jaket windbreaker merupakan jenis jaket keselamatan yang dapat menahan angin dan hawa dingin. Jaket yang didesain secara khusus ini mampu menjaga suhu tubuh anda tetap normal walaupun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat hingga membantu anda merasa tetap hangat di kondisi cuaca yang ekstrim seperti angin besar hingga suhu yang dingin.
Ciri khas jaket ini di beberapa tempat seperti pergelangan tangan seringkali ditambah karet segingga besarnya bisa diatur sesuai keinginan kita. Terdapat pula hoodie yang dapat melindungi kepala dan kerah yang berfungsi untuk melindungi leher. Jaket windbreaker ini sangat cocok bagi anda yang sering menghabiskan waktu di daerah – daerah dingin atau bagi anda yang tinggal di kota yang berhawa dingin. Selain itu, jaket jenis ini sangat cocok bagi para pengendara motor.

Nah, cukup banyak bukan jenis-jenis jaket yang tersedia. Tinggal bagaimana kamu menyesuaikan dengan kebutuhan saja Fresher.

Sumber: http://cannisjacket.com/, google

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme