Tips Bekerja Lebih Fokus Dan Efisien

Tips Bekerja Lebih Fokus Dan Efisien

Tips Bekerja Lebih Fokus Dan Efisien

Sobat Fresher, Orang yang produktif yaitu orang yang dapat berkarya dengan memanfaatkan waktu yang dimilikinya seefektif dan seoptimal mungkin. Namun, ada kalanya waktu produktif anda akan terhenti hanya karena beberapa gangguan kecil. Mulai dari ajakan dari teman mengobrol hingga aktifitas lain yang dapat mengganggu fokus anda dalam bekerja.

Tanpa disadari, fokus anda dalam bekerja akan teralihkan, pekerjaan anda menjadi kurang fokus dan terbengkalai. Anda pun akan dituntut untuk bisa menjaga diri supaya selalu fokus dalam bekerja.

Hal seperti itu biasanya akan sulit dilakukan bagi sebagian orang. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa anda merupakan bagian yang dapat melajalankannya. Mr.Fresh akan merangkum beberapa tips bekerja supaya anda lebih fokus dan efisien berikut ini :

1. Membuat Jadwal Pekerjaan

Apabila anda memiliki beberapa pekerjaan yang harus anda selesaikan dalam rentang waktu yang bersamaan, kelompokkan pekerjaan yang paling penting dan buatlah skala prioritas untuk menyusun pekerjaan mana yang harus anda kerjakan terlebih dahulu. Dengan anda membuat jadwal pekerjaan, maka anda akan mengetahui pekerjaan mana yang dapat anda selesaikan terlebih dahulu secara prioritas yang telah anda kelompokkan.

Dengan begitu, meskipun perasaan dan pikiran anda sering muncul untuk meminta berhenti, Akan tetapi anda bisa mendahulukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang utama. Jangan lupa untuk berusaha memotivasi diri supaya anda dapat konsisten dengan jadwal yang telah anda buat.

2. Tidak melakukan multitasking

Di era yang serba modern dan canggih ini, aktivitas multitasking diyakini dapat membantu membuat pekerjaan anda menjadi lebih efisien. Namun ternyata multitasking ini tidak selamanya baik. Multitasking justru bisa memecahkan fokus karena harus berganti kegiatan setiap kali akan mengerjakan pekerjaan yang lainnya.

Dalam eksperimen penelitian yang dilakukan Stanford University, bahwa sekelompok mahasiswa diberikan waktu 30 menit , lalu diminta untuk menghabiskan waktu tersebut secara simultan untuk mengkompilasi daftar playlist musik, chatting, dan menulis sebuah artikel pendek. Lalu kelompok kedua berfokus pada masing-masing aktivitas yang dilakukan tersebut, masing-masing aktivitas selama 10 menit. Setelah itu, mereka akan diberikan satu tes yaitu tes memori.

Dari hasil eksperimen tersebut, terbukti bahwa singletasker atau bekerja dengan fokus pada satu aktivitas secara signifikan mampu bekerja lebih baik daripada para multitasker. Oleh karena itu, hindari untuk melakukan kegiatan multitasking dan mulailah terfokus untuk menyelesaikan satu pekerjaan supaya hasilnya lebih efektif dan optimal.

3. Ambil jeda waktu anda untuk istirahat sejenak

Saat anda sibuk bekerja, tidak jarang kita menjumpai beberapa orang yang lupa untuk mengambil waktu untuk beristirahat. Biasanya, ketatnya deadline, serta tugas-tugas yang datang tak henti-hentinya membuat anda enggan untuk mengambil jeda waktu istirahat sebentar saja. Padahal, istirahat sejenak di sela-sela waktu anda bekerja sangat baik bagi pikiran dan tubuh anda.

Tidak membutuhkan waktu lama untuk anda beristirahat. Anda juga dapat mengambil waktu sekitar 15-20 menit untuk hanya sekedar berjalan-jalan di sekitar meja kerja atau mendengarkan musik instrumental yang dapat menenangkan pikiran anda. Kegiatan tersebut diyakini dapat menghilangkan kepenatan rutinitas anda. Pikiran anda pun seketika akan kembali segar untuk dapat kembali produktif dalam anda bekerja.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar tips bekerja supaya anda lebih fokus dan efisien supaya hasil pekerjaan anda menjadi lebih produktif dan optimal, semoga bermanfaat. Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme