usaha laundry kiloan

Semakin maju perkembangan usaha laundry kiloan, semakin sulit pula membangun usaha laundry kiloan. sebagai pemula yang belum memiliki pengalaman dalam berbisnis tentu saja akan menjadi masalah yang besar, mengingat bahwa semua bidang bisnis akan berkaitan dengan modal atau dana yang mencukupi. Membangun usaha laundry kiloan juga masih memiliki value yang cukup menarik perhatian dikalangan masyarakat. dengan mencuci pakaian di tempat laundry maka akan menghemat waktu dan menghemat tenaga.

Sebelum terjun ke dunia bisnis kususnya usaha laundry kiloan, anda harus tau strategi yang mampu mempermudah anda dalam berbisnis, sebagai pemula anda harus mengetahui dasar dan tata cara mencuci yang baik dan benar, karena itu adalah nilai pokok dari usaha laundry kiloan,

usaha laundry kiloan

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan serta tips membangun usaha laundry kiloan bagi pemula :

  1. Anda harus tau tata cara mencuci dengan baik dan benar, mencuci berbagai jenis kain akan mendorong anda untuk mengetahui detail detail dalam mencuci, karena mencuci kain yang jenisnya berbeda maka akan memiliki teknik mencuci yang berbeda pula. Demikian dengan cara mengeringkan pakaian.
  2. Kenali semua jenis noda yang mempu merusak pakaian pelanggan. mengenali jenis noda akan mempermudah pekerjaan anda sebagai pengusaha laundry
  3. gunakan peralatan seadaanya namun mempunyai nilai pakai yang baik dan bagus.
  4. Hitung secara tepat biaya operasional dan biaya tenaga kerja, sesuaikan dengan kebutuhan usaha laundry anda, tidak perlu terlalu banyak atau mungkin malah terlalu sedikit.

Rintangan yang dalam menjalankan usaha jasa laundry

Setiap menjalankan sebuah usaha hambatan dan juga rintangan bisa datang sewaktu-waktu. Tidak menutup kemungkinan halangan itu juga menimpa bisnis laundry Anda. Berikut ini beberapa halangan-halangan yang biasanya menimpa usaha jasa laundry.

  1. Banyaknya kompetitor yang membuka usaha serupa. Persaingan dalam bisnis adalah hal yang biasanya, oleh karena itu menjaga hubungan baik dengan pelanggan harus tetap dijaga. Berikan pelayanan yang baik agar pelanggan puas dan mau balik lagi.
  2. Pelanggan biasanya meminta waktu pengerjaan yang cepat. Maka dari itu bila dalam kondisi yang ramai maka perlu mengatur waktu agar tidak mengganggu pelayanan terhadap pelanggan.
  3. Masyarakat yang sudah mempunyai mesin cuci sendiri, sehingga mengurangi potensi pelanggan Anda.

Strategi menjalankan usaha jasa laundry kiloan

  1. Pilihlah lokasi yang tepat, lokasi yang tepat menurut kami adalah dekat dengan sebuah kampus atau perumahan, karena semakin menjamurnya usaha laundry ini maka strategi ini sangatlah penting. Hindari berdekatan dengan jenis usaha yang sama.
  2. Gunakan semua teknologi internet untuk dijadikan sebagai wadah media promosi, media sosial yang akhir-akhir ini mampu menguasai pasar global seharusnya bisa anda gunakan sebaik mungkin (Facebook, Twitter, Instagram, Path, Google, Forum)
  3. Berikan inovasi dan diskon yang menarik (lain dari pada yang lain).
  4. Memberikan pelayanan yang maksimal, menerima semua masukan dari pelanggan untuk dijadikan sebuah pembelajaran dan perbaikan mutu usaha laundry anda.
  5. Rekrut tenaga kerja yang berkualitas
  6. Berikan harga yang sewajarnya dan mampu bersaing
Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme