Makanan Pilihan Saat Begadang

Begadang jangan begadang kalau tiada artinya… Ingat lagu itu kan Fresher? Yak! Sebaiknya memang kita tidak begadang jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Tetapi sekali waktu memang begadang itu perlu kita lakukan dengan berbagai alasan seperti menyelesaikan tugas, mengejar deadline, belajar atau sesekali menonton acara tv favorit. Nah, jika itu terjadi mungkin Anda memerlukan bantuan makanan tepat yang dapat menunjang melawan rasa kantuk Anda.

Makanan yang dapat melawan kantuk biasanya memiliki beberapa karakteristik yang berbeda. Yang terpenting adalah makanan tersebut harus rendah glisemik atau mengandung sedikit gula. Kali ini Mr.Fresh akan rangkumkan informasinya Makanan Pilihan Saat Begadang

1. Hindari kopi
Biasanya ini menjadi minuman pilihan utama saat bergadang. Kenapa demikian karena kafein yang terkandung dalam minuman seperti kopi mampu merangsang otak untuk tetap terjaga. Stimulan ini membantu Anda tetap terjaga di malam hari.
Tetapi tentu saja tidak baik jika terlalu banyak dan terlalu sering mengkonsumsi kopi. Salah satunya dapat menyebabkan gangguan tidur permanen dan juga membuat jantung kurang sehat.

2. Minum Air Putih dan juice buah
Sebagai pengganti kopi saat begadang sebaiknya perbanyak minum air putih atau bisa dikombinasikan dengan juice buah. Ketika tubuh Anda terhidrasi, Anda tentu merasa lebih energik. Hal ini dikarenakan air juga dapat mempercepat metabolisme untuk memberi Anda lebih banyak energi.
Anda juga bisa coba untuk mengkonsumsi air dingin setiap 30 menit sekali . Minuman ini dapat membuat Anda merasa lebih segar saat begadang.
Selain hindari kopi, ada pula baiknya hindari meminum susu atau susu coklat saat begadang. Minuman tersebut akan membuat Anda merasa mengantuk.

3. Teh tanpa gula
Sama seperti kopi ternyata teh juga mengandung kafein dan juga Tetapi, Anda harus minum teh tanpa gula untuk tetap bisa terjaga semalaman. Gula memberikan memang energi instan, tetapi membuat Anda merasa mengantuk setelah beberapa saat.

4. Telur
Telur memiliki jumlah kolin yang sangat tinggi dan dapat mempercepat metabolisme tubuh. Hal ini membuat Anda memiliki banyak energi untuk melawan kantuk.

5. Buah pisang
Buah yang baik dikonsumsi saat begadang Pisang adalah makanan terbaik untuk Anda. Pisang memberikan energi instan untuk bekerja di malam hari sehingga mampu membuat Anda terjaga.

6. Apel
Apel membantu tubuh Anda menciptakan lebih banyak sel darah merah yang membawa oksigen sehingga dapat meningkatkan kapasitas darah Anda. Ketika banyak oksigen masuk ke tubuh Anda, Anda dapat tetap terjaga lebih lama. Apel juga kaya akan zat besi sehingga ampuh untuk memerangi kantuk.

7. Tomat
Tomat memiliki banyak kandungan Vitamin C. Nutrisi ini dapat memberikan tubuh Anda banyak energi dan membantu Anda memerangi kantuk. Tomat yang segar bisa memberikan dorongan energi yang besar.

8. Kacang-Kacangan
Tidak semua jenis kacang lho Fresher. Jenis kacang yang dikonsumsi saat bergadang adalah seperti kacang hijau karena mengandung vitamin B 12 yang bisa memicu sistem syaraf dan membuat kita terjaga. Walnut yang kaya akan omega 3 dan memberi energi sehingga bisa terjaga sepanjang malam. Kemudian juga kacang kenari yang memiliki banyak asam lemak omega-3 yang dapat memberikan Anda banyak energi untuk tetap terjaga dan waspada di malam hari.

9. Keju
Keju mengandung thyamine yang bisa membuat badan berenergi dan terstimulasi. Jika makin tua usia kejunya, maka kandungannya lebih besar. Keju bisa dimakan begitu saja atau dicampur dengan roti gandum.

10. Jangan mengkonsumsi minuman berenergi atau suplemen terlalu banyak
Dini hari merupakan saat dimana tubuh melakukan detoksifikasi. Dengan meminum minuman berenergi atau suplemen hanya akan memperberat kerja ginjal kita.

Nah, itu tadi cemilan yang dapat menunjang aktivitas Anda saat begadang. Selamat mencoba ya Fresher.

Sumber: merdeka.com, lifestyle.dreamers.id, google

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme