Mengatasi Stress

Perasaan khawatir yang berlebihan yang berujung pada stres mungkin pernah dirasakan oleh setiap orang. Perasaan khawatir dan stres tersebut tentu sangat menyiksa. Tetapi bukan berarti tidak ada cara mengatasinya lho Fresher ! Berikut adalah Tips Mengurangi Stres

Kali ini Mr.Fresh akan rangkumkan beberapa tips mudah yang bisa sedikit mengurangi stres Anda.

1. Mengunyah Permen Karet
Pernah mencoba cara ini Fresher? Penelitian di Australia dan Inggris menemukan bahwa ketika mengalami stres, mengunyah permen karet selama 10 menit mampu mengurangi rasa cemas dan menurunkan kadar hormon cortisol pada air liur hingga 18 persen.

2. Minum Teh
Ternyata teh mempunyai efek menenangkan bagi tubuh. Disebutkan bahwa teh kamomil, passionflower dan teh hijau punya efek yang bisa melawan stres. Bahan-bahan tersebut terbukti bisa meredakan amarah dan bahkan melawan depresi.
Penelitian lain menyebutkan bahwa orang yang minum teh hitam empat cangkir sehari selama enam minggu diketahui mampu mengatasi stres lebih cepat dan memiliki level hormon cortisol yang lebih rendah ketika mengalami stres, berdasarkan penelitian dari University College London. Senyawa kimia serta antioksidan yang ada dalam teh hitam mampu memuat seseorang merasa santai dan menenangkan saraf otak.

3. Konsumsi madu
Madu memang banyak manfaatnya termasuk mengatasi rasa cemas. Hasil penelitian menyatakan bahwa madu mampu melawan rasa gelisah dan meningkatkan mood.

4. Makan Camilan
Mungkin cara ini paling sering dipakai oleh para wanita. Makan cemilan bisa mengurangi stres karena beberapa makanan bisa membuat otak memproduksi hormon tertentu dan membuat Anda menjadi lebih senang. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa seorang yang stres biasanya ingin memakan makanan yang garing, dan itu kemungkinan terkait kembali dengan mengunyah. Tetapi tentu saja makanan garing identik dengan aneka kripik yang kaya akan zat perasa. Ingatlah untuk membatasi jumlahnya.

Berikut beberapa makanan lain yang memiliki manfaat mengurangi kadar stres.

1. Mangga. Buah tropis ini mengandung banyak linalool yang bisa menurunkan tingkat kortisol (hormon yang membuat Anda merasa stress).
2. Cokelat hitam. Sekitar satu ons cokelat hitam saja bisa menenangkan saraf dan menstabilkan tingkat metabolisme.
3. Karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan oatmeal. Semua karbohidrat bisa memicu otak memproduksi serotonin (karena itu banyak orang yang suka dengan karbohidrat). Serotonin adalah salah satu senyawa yang membuat otak Anda merasa senang. Cukup konsumsi karbohidrat kompleks cokelat untuk kesehatan Anda.

5. Aromaterapi
Ya, seperti namanya aroma tertentu memang bisa menjadi terapi tersendiri untuk Anda. Manfaatnya termasuk untuk menenangkan dan membuat Anda merasa rileks. Bau dari aromaterapi akan masuk ke sistem penciuman ke otak, dan menghilangkan stres dan rasa gelisah ketika sudah sampai di otak Anda. Mencium aromaterapi bisa membuat sekujur tubuh Anda merasa lebih rileks.

Pilihan aroma yang tepat seperti mawar, bergamot, lavender, jeruk, lemon, dan cendana. Tapi, Anda juga bisa memilih aroma lainnya. Asalkan aroma tersebut membuat Anda merasa relaks, berarti itu bermanfaat untuk Anda.

Tips mengurangi stress Part 2

Sumber: id.wikihow.com, efinlebey.blogdetik.com, google

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme