Melatih pernapasan

Artikel kali ini masih seputar pernafasan nih Fresher! Jika kemarin kita membahas tentang penyebab nafas ngos-ngosan maka kali ini kita bahas cara melati nafas kita agar lebih panjang.

Mungkin Fresher bertanya, apa manfaatnya memiliki nafas yang panjang? Jangan pandang sebelah mata dahulu. Selain mempengaruhi kemampuan tubuh untuk beraktivitas, kapasitas fungsi paru-paru juga berhubungan dengan daya tahan tubuh.

Jika suplai oksigen menurun, sistem kekebalan tubuh dengan sendirinya akan melemah sehingga orang mudah sakit-sakitan. Nah, nah, tentu tidak enak kan jika kita bergerak aktif sebentar saja nafas sudah ngos-ngosan terlebih lagi pasti Fresher tidak ingin jika sampai sakit kan.

Ada cara yang bisa Fresher lakukan untuk mendapatkan kapasitas paru-paru yang lebih besar, salah satunya dengan melakukan latihan pernapasan dan tentu saja melakukan olahraga.

1. Latihan pernapasan
Bernapas dengan teknik yang benar yaitu dengan menarik napas panjang dan dalam. Hal tersebut akan membuat organ-organ dalam tubuh dapat bekerja secara optimal. Hirup napas dari hidung sebanyak-banyaknya sampai perut membesar kemudian tahan selama minimal 30 detik. Kemudian buang udara melalu mulut sehingga perut mengempes. Dalam latihan ini usahakn untuk menahan napas dan membuang napas dalam jangka waktu yang sama. Misalnya menghirup napas 30 detik, menahan napas 30 detik kemudian membuang napas juga dalam waktu 30 detik.

2. Melakukan Olahraga
Agar olahraga yang dilakukan dapat lebih maksimal memang anda harus mempunyai pernapasan yang panjang agar tubuh tidak mudah kelelahan. Tetapi lakukanlah olahraga secara pelan-pelan dan secara teratur untuk melatih paru-paru anda. Jenis olahraga yang disarankan adalah aktivitas kardiovaskular.

Aerobik. Melakukan aerobik secara intensif dapat bermanfata memperbesar kapasitas paru-paru anda.

Bersepeda. Naiki sepeda Anda dengan rute yang penuh tanjakan tinggi. Dengan menaiki bukit berarti tubuh Anda harus memompa lebih banyak darah ke kaki Anda; paru-paru Anda memasok oksigen ke dalam darah tersebut.

Berlari. Berlari di trek yang empuk atau treadmill sangat baik untuk lutut dan persendian Anda. Gabungkan dengan melakukan sprint agar paru-paru dapat bekerja lebih keras dan memperbesar fungsinya.

Berenang. Olahraga dalam air ini sangat baik untuk melatih paru-paru anda. Tentu saja karena Fresher diharuskan menahan nafas saat berada di dalam air. Paru-paru para perenang handal diketahui dapat menggunakan oksigen tiga kali lebih efisien daripada orang biasa.

Itu tadi 2 Cara Melatih Pernapasan yang bisa Fresher ikuti. Yuk ikuti latihan di atas untuk memperbesar kapasitas paru-paru anda Fresher.

Sumber: id.wikihow.com, health.detik.com, google

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme