3 Faktor Penyebab Nafas Pendek

Apakah Fresher sering merasakan nafas anda terengah-engah?Sebagai contoh baru sebentar naik turun tangga nafas sudah menjadi berat, atau baru sebentar berlari mengejar angkutan umum anda sudah merasa lelah karena nafas yang ngos-ngosan. Seperti dikutip dari health.detik.com, disebutkan bahwa jika anda mudah ngos-ngosan saat beraktivitas, itu tandanya kapasitas paru-paru anda melemah.

Kapasitas paru-paru yang disebut dengan VO2max merupakan salah satu parameter kebugaran seseorang. Semakin besar nilai VO2max yang terukur, makin besar pula kemampuan paru-paru untuk menyuplai oksigen saat beraktivitas. Jika kemampuan paru-paru untuk oksigen terbatas, napas akan terasa ngos-ngosan saat melakukan aktivitas yang lebih berat. Paru-paru dan jantung akan bekerja lebih berat untuk memompa oksigen yang dibutuhkan oleh otot agar dapat berfungsi dengan baik.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kapasitas paru-paru seseorang. Menurut Dr. Nury Nuswinuringtyas, Sp.KFR(K), seperti dilansir oleh health.detik.com, beberapa faktor tersebut antara lain:

1. Aktivitas fisik
Aktivitas fisik atau kegiatan yang dilakukan oleh setiap orang setiap harinya merupakan salah satu faktor utama penentu kapasitas paru-paru. Orang dengan gaya hidup yang kurang bergerak atau biasa disebut gaya hidup sendetary akan cenderung memiliki kapasitas paru paru yang rendah.

2. Tinggi Badan
Disebutkan bahwa semakin tinggi perawakan seseorang, panjang langkah (step length) semakin jauh sehingga paru-paru bisa bekerja lebih efisien saat berjalan kaki karena dengan step lenght yang panjang akan membuat seseorang lebih efisien saat berjalan kaki. Dengan kata lain untuk jarak tempuh yang sama maka orang yang tinggi akan mempunyai jumlah langkah yang lebih sedikit dibandingkan orang yang bertubuh pendek.

3. Usia
Semakin tua usia maka kemampuan bergerak akan semakin menurun. Hal ini mengakibatkan kapasitas paru-paru juga semakin melemah. Coba saja bandingkan orang tua dengan anak kecil yang selalu lincah kesana dan kemari. Orang tua akan merasa lebih cepat lelah dibandingkan dengan anak kecil yang masih saja aktif bergerak.

Nah itu tadi 3 Faktor Penyebab Nafas Pendek, tetapi jangan khawatir dulu Fresher, sebenarnya masih ada cara untuk dapat memperbesar kapasitas paru-paru kita. Salah satunya yaitu dengan rajin melakukan latihan pernafasan dan juga olahraga. Ingin tahu tips olahraga dan cara melatih pernapasan? Tunggu artikel selanjutnya ya Fresher.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme