Cara Mudah Menghilangkan Noda Kuning di Pakaian

Ada beberapa jenis noda yang bisa mengotori pakaian Anda, salah satunya adalah noda kekuningan pada pakaian.
Noda kekuningan tersebut bisa muncul karena beberapa hal, antara lain:

1. Karena noda keringat
Noda keringat biasanya akan membuat pakaian menjadi berwarna coklat kekuningan. Biasanya ini terjadi karena reaksi zat garam, protein, dan minyak yang terkandung dalam keringat kemudian menempel dan meninggalkan bekas di pakaian. Noda juga bisa muncul karena keringat bereaksi dengan kandungan alumunium yang terdapat pada sebagian besar deodoran dan produk antikeringat.

2. Karena kesalahan penyimpanan
Kesalahan penyimpanan baik karena menyimpan pakaian yang belum kering 100% atau karena tempat penyimpanannya yang kurang baik sirkulasi udaranya sehingga membuat suhu menjadi lembab. Kesalahan penyimpanan ini bisa membuat pakaian menjadi berjamur, bernoda/bercak hitam dan juga bisa timbul bercak kekuningan.

Kali ini Mr.Fresh akan memberikan dua cara mudah menghilangkan noda kekuningan pakaian dengan bahan yang bisa di dapat di rumah Fresher. Berikut informasinya:

A. Bersihkan noda dengan soda kue, caranya:
1. Siapkan bahan pembersih yakni campuran soda kue dengan air. Perbandingannya adalah 3:1. Campur dengan baik hingga larutan menjadi berwujud pasta.
2. Oleskan pasta soda kue tersebut dalam jumlah yang cukup banyak pada pakaian yang terkena noda.
3. Gosoklah pasta pada noda baju menggunakan sikat gigi atau sikat lain yang ukurannya tidak terlalu besar (disesuaikan dengan besarnya noda) agar sikatan lebih fokus pada pakaian yang terkena noda.
4. Jika pada proses menyikat pasta sudah mulai berkurang maka Anda perlu menambahkan pasta kembali.
5. Setelah noda sudah menghilang maka diamkan pakaian selama 1 jam atau lebih (tergantung pada parahnya noda). Hal tersebut akan membuat bahan pembersih bekerja menyerap kotoran yang masih tersisa dan menguraikan zat-zat yang menyebabkan noda pada pakaian.
6. Setelah itu cuci pakaian seperti biasa. Jika memungkinkan maka akan lebih baik jika dicuci dan dibilas dengan air panas. Air panas lebih mampu untuk menghilangkan kotoran yang tersisa.

B. Bersihkan dengan sabun mandi, caranya:
1. Persiapkan sabun mandi batangan yang biasa Anda gunakan dan sikat pakaian.
2. Basahi pakaian terlebih dahulu.
3. Gosok sabun cuci sehingga menempel di pakaian Anda yang terkena noda.
4. Sikat pakaian sehingga sabun yang menempel dipakaian menimbulkan busa. Proses ini juga bisa Anda lakukan dengan mengucek pakaian menggunakan tangan.
5. Sikat/kucek pakaian secukupnya. Sekali waktu Anda bisa membilas bagian pakaian yang terkena noda untuk mengecek apakah noda di pakaian sudah menghilang atau belum. Jika noda masih ada maka ulangi lagi langkah 3 dan 4.
6. Setelah noda hilang maka cuci dan bilas pakaian Anda seperti biasa.

Cukup mudah kan Fresher. Selamat mencoba ya. Tetapi ada baiknya mencegah dari pada menghilangkan noda. Mr. Fresh sarankan agar Anda segera mencuci pakaian setelah digunakan, terlebih jika pada hari itu Anda mengeluarkan cukup banyak keringat. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan noda keringat menempel di pakaian sehingga menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme