Manfaat Buah Pisang

Menyatantap buah-buahan siapa yang tidak suka? Rasanya yang manis dan segar sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa buah favorit Anda Fresher? Apakah buah pisang?
Buah pisang dengan rasa yang manis dan tekstur yang lembut sangat disukai siapa saja, baik anak-anak ataupun dewasa. Apakah Fresher sudah tahu kandungan yang terdapat dalam buah pisang? Yuk kita cari tahu:

1. Serat
Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Serat bermanfaat untuk menyehatkan saluran cerna dan jika Fresher menderita penyakit mag, kandungan nutrisi pisang juga akan membuat lambung Anda nyaman. Pisang memiliki efek anti-asam yang menenangkan perut dan meredakan rasa perih di perut. Tidak hanya sampai disitu, pisang juga bisa melawan ulkus (luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi pada lambung) dengan mengurangi keasaman dan iritasi pada lambung. Serat dalam pisang juga bermanfaat mencegah penyakit jantung koroner dan bisa menjaga perut kenyang lebih lama.

2. Kalium
Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi, namun rendah natrium. Hal tersebut membuat pisang menjadi buah yang sempurna untuk mencegah tekanan darah tinggi. Kalium sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi secara rutin buah pisang, Anda akan terhindar dari risiko serangan stroke.Kandungan kalium juga bisa mengurangi risiko batu ginjal yang berhubungan dengan ekskresi kalsium dalam urin.

3. Vitamin
Beberapa vitamin yang terkandung dalam buah pisang, diantaranya :
Vitamin C. Satubuah pisang mengandung sekitar 10mg vitamin C atau sekitar 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian.
Vitamin B6, vitamin ini sangat baik untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah, menumbuhkan sel-sel baru dan membantu menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh. Vitamin B6 atau triptofan juga berperan penting dalam pembuatan hormon serotonin, yang bertugas mengatur suasana hati dan menenangkan otak. Semua kebutuhan vitamin B6 harian Anda dapat diperoleh dari satu buah pisang yang Anda konsumsi.

4. Sumber Energi
Pisang mengandung tiga jenis gula alami: fruktosa, glukosa, dan sukrosa, yang dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Banyak olahragawan mengonsumsi pisang sebelum mereka beraktivitas. Pisang juga rendah gula, sehingga baik untuk diet Anda.

5. Potasium
Buah pisang berukuran sedang mengandung 400mg potasium. Potasium dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium juga diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium dalam pisang juga cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot setelah olahraga.
Kandungan potasium pada pisang dapat mencegah serangan stroke. Terbukti, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan pisang secara teratur dapat mengurangi 40% risiko kematian karena stroke.

6. Mangan
Mangan adalah mineral yang dibutuhkan untuk tulang yang sehat dan metabolisme. Satu buah pisang mengandung 3 mg mangan.

Itu tadi beberapa manfaat dari buah manis berwarna kuning ini. Semoga informasinya dapat bermanfaat ya Fresher.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme