tips hadapi rekan kerja, Dalam bekerja kita tidak bisa menutup kemungkinan adanya persaingan atau perasaan tidak senang antar rekan kerja. Belum lagi jika ada rekan kerja yang berkompetisi secara tidak sportif atau tidak sehat.

Orang yang sukses adalah orang yang berhasil mengendalikan pikirannya dan bertindak sesuai logika. Jangan bertindak karena emosi, lebih baik hadapi si rekan kerja yang tidak sportif dengan kepala dingin. Berikut tips cerdik untuk menghadapi ’lawan’ kamu di tempat kerja.

1. Ssssttt..! Jangan bergosip
Kaum wanita yang sedang berkompetisi cenderung mengandalkan perasaan dan akan segera curhat pada temannya. Di sini Fresher harus pintar mengendalikan diri. Jangan sampai istilah “mulutmu harimaumu” terjadi pada diri kamu. Ketika Fresher membicarakan sang lawan, entah positif atau pun negatif, nama kamu akan terbawa jika ada masalah suatu saat nanti. Jadi tunjukkan profesionalisme Fresher dengan bersikap diam.

2. Cukup jadi pengamat
Sambil fokus melakukan pekerjaan, Fresher harus tetap waspada dengan keadaan sekitar. Biasanya yang menjadi ’lawan’ adalah sosok yang selalu ingin dilihat sehingga ia melakukan banyak hal agar bisa eksis. Fresher tidak perlu merespon tindakannya.

3. Perlihatkan kinerja
Di tahap ini Fresher harus memperluas dan memperdalam wawasan. Saat ’lawan’ beraksi di depan bos untuk menjatuhkan kamu, tunjukkan bawah Fresher dapat berargumentasi dengan cerdas sehingga kondisi akan berbalik.

4. Stop mengeluh
Mengeluh berarti Fresher sedang menunjukkan ketakutan, kekhawatiran, dan kelemahan akibat kehadiran ‘lawan’. Fresher harus tetap stay cool dan anggaplah kamu mampu mengatasi sang ‘lawan’. Kehadirannya rekan kerja yang demikian sebaiknya dimanfaatkan untuk belajar menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam menerima dan bersikap atas sesuatu yang tidak menyenangkan.

5. Tetap friendly
Bagaimana pun juga ‘lawan’ adalah rekan kerja dan Fresher tetap harus bekerja sama dengannya. Namun juga jangan memperlihatkan sikap permusuhan. Bersikaplah profesional tanpa perlu terlihat berlebihan.

Itu tadi beberapa tips dalam menghadapi rival dalam pekerjaan. Satu hal yang penting nih Fresher, tetaplah fokus mengerjakan yang kamu bisa dan lakukan yang terbaik. Karena kesuksesan akan mengikuti kamu setelahnya. Semangat Fresher!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme