5 Tips Mudah Membuat Mukena Terawat

5 Tips Mudah Membuat Mukena Terawat

Bagi seorang wanita muslimah mukenah adalah satu perlengkapan ibadah yang utama. Beberapa dari Fresher mungkin memiliki lebih dari satu set mukena. Tentu menjaga kebersihan mukena adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Kebersihan tidak hanya membuat mukena anda sedap dipandang tetapi juga tentu membuat ibadah lebih khusyuk.
Nah Fresher, kali ini yuk kita cari tahu tips penggunaan dan perawatan mukena agar mukena anda lebih awet dan pastinya bersih terawat.

1. Jangan lipat mukena
Apakah anda sering menemui pada mukena anda terdapat bintik-bintik hitam yang mengganggu itu adalah akibat dari kondisi lembab yang terus menerus pada mukena anda. Air wudhu yang masih ada di bagian tubuh kita akan menempel di mukena dan jika dibiarkan terus menerus akan membuat jamur bertumbuh di mukena. Oleh karena itu sebaiknya anda mengantung mukena setelah selesai digunakan. Posisi mukena yang digantung dengan hanger akan membuat mukena yang lembab lebih cepat kering sehingga tidak menimbulkan jamur dan bau.

2. Angin-anginkan mukena
Cara ini juga bertujuan agar mukena anda tidak lembab. Sebisa mungkin anda menyempatkan diri untuk menjemur dan menganginkan mukena di luar ruangan.

3. Perhatikan pencuciannya
Sebaiknya mukena tidak dicuci dengan mesin agar kainnya lebih awet. Jika mukena anda berpayet maka mencuci dengan tangan juga sangat dianjurkan. Sebaiknya anda merendam mukena dengan campuran detergen lembut dan air hangat, diamkan dan kucek perlahan. Bila Anda memiliki mukena yang bermotif, maka jangan sekali-kali menggunakan pemutih karena warna mukena nantinya akan tidak mengkilat.

4. Jangan Memeras
HIndari memeras mukena dengan kencang agar kain dan payet mukena lebih awet. Untuk mengganti memeras anda bisa mengangkat mukena yang sudah dibilas kemudian dikibaskan agar tidak terlalu banyak air sabun yang melekat.

5. Simpan Mukena Dalam lemari
Simpanlah mukena yang tidak digunakan dengan terlipat rapi di dalam lemari yang kering sehingga terhindar dari debu dan kelembaban.

Yuk jaga kebersihan mukena anda agar selalu awet dan sedap dipandang ya Fresher 😉

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme