Ajakan Berbuat Kebaikan

Sungguh kita telah menyadari bahwa banyak manfaat dari berbuat kebaikan dan banyak anjuran untuk berbuat kebaikan.

Sebagai pegangan hidup seorang muslim, Al – Qur’an dan juga Al-Hadist berulang kali menganjurkan kita untuk selalu berbuat kebaikan. Kali ini Mr. Fresh akan rangkumkan beberapa ayat dan riwayatnya untuk Anda Fresher.

“…Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan…”
( Q.S Al-Baqarah : 148)

“Sesungguhnya Allah swt. menyuruh berlaku adil dan berbuat kebaikan dan memberi kepada kaum kerabat ; dan melarang dari perbuatan keji, dan hal yang tidak disenangi, dan memberontak. Dia memberi kamu nasihat supaya kamu mengambil pelajaran.” (Q.S. An-Nahl: 90)

Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan. ” (Q.S An-Nahl: 128)

Bukankah ganjaran kebaikan itu tidak lain melainkan kebaikan?” (Q.S Ar-Rahman: 61)

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Q.S. Al Imran :134)

“Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak menyia-nyiakan ganjaran orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. Hud : 116)

“Dan, sembahlah Allah swt. dan jangan kamu mempersekutukan sesuatu dengan-Nya; dan berbuat baiklah terhadap kedua orang tua, dan kaum kerabat, dan anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, dan tetangga yang sesanak-saudara dan tetangga yang bukan kerabat, dan handai taulan, dan orang musafir, dan yang dimiliki oleh tangan kananmu. Sesungguhnya, Allah swt. tidak menyukai orang sombong, membanggakan diri. (Q.S. An Nisa :37)

“Dan Kami telah memerintahkan kepada manusia supaya berbuat baik terhadap ibu-bapak-nya, ibunya telah mengandungnya dalam kelemahan di atas kelemahan, dan penyapuhan susunya dalam dua tahun, supaya bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtua engkau. Kepada Aku-lah tempat kembali. (Q.S. Lukman:15)

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan.Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS. An-Nahl: 90)

“Dan barang-siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji zarah, niscaya ia akan menerima pahala-nya, dan barangsiapa yang melakukan keburukan sebesar biji zarah, niscaya ia akan menerima balasannya,” (Q.S. Az-Zalzalah ayat 7-8)

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (Q.S. Huud : 114).

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: sesungguhnya Rasulullah saw bersabda:
“Siapa saja yang mengajak kepada kepada kebenaran, maka ia memperoleh pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya tanpa dikurangi sedikitpun. Dan siapa saja yang mengajak kepada kesesatan, maka ia mendapat dosa seperti dosa orang yang mengerjakan tanpa dikurangi sedikitpun” (HR Muslim)

Rasulullah bersabda, “Janganlah kamu meremehkan kebajikan sekalipun sangat kecil,walau hanya sekedar wajah cerah yang kamu berikan ketika bertemu saudaramu,” (HR.Muslim dari Abi dzar).

“Senyum manis yang engkau berikan kepada saudaramu itu ada pahalanya,” (HR.Tirmidzi).

Sahabat Adiy bin Hatim menerangkan,bahwa Rasulullah telah bersabda, ”Hindarilah api neraka,sekalipun hanya dengan bersedekah segenggam korma. Barang siapa tidak mendapatkannya,maka dengan kata kata yang baik,” (HR.Bukhari dan Muslim dari Adiy bin Hatim).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda, ”Setiap persendian manusia ada sedekahnya setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya, kamu mendamaikan di antara dua orang adalah sedekah,kamu membantu seseorang untuk menaikkannya di atas kendaraannya atau mengangkatkan barangnya di atasnya adalah sedekah, kalimat yang baik adalah sedekah, pada tiap-tiap langkah yang kamu tempuh menuju shalat adalah sedekah, dan kamu membuang gangguan dari jalan adalah sedekah.”(HR.al-Bukhari ,no.2989 dan Muslim, no 1009)

Semoga kita semua terinspirasi untuk selalu berbagi kebaikan ya Fresher.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme