6 Tips Kesehatan Bagi Pekerja Shift

Tuntutan profesi terkadang mengharuskan seseorang untuk melakukan pekerjaan secara shift. Jam kerja memang sama yakni 8 jam kerja tetapi ada perbedaan jam biologis yang akan di alami oleh tubuh.

Disebutkan bahwa bukti medis yang kuat menunjukkan bahwa jam kerja tidak teratur dapat memengaruhi kesehatan dalam jangka waktu yang panjang. Dikutip dari kompas health.com, Mustar Cameron, seorang peneliti kesehatan sekaligus presiden dari Institute for Work and Health di Toronto, Kanada, mengatakan, “Ketika sedang bekerja shift, di situ adalah waktu Anda untuk tidur. Akibatnya, Anda akan mengalami konflik dengan jam biologis.”

Tetapi bukan berarti tidak ada jalan untuk tetap menjaga kondisi tubuh kamu sebagai pekerja shift. Seperti dikutip dari merdeka.com ada beberapa cara yang dilansir oleh Boldsky untuk menyesuaikan kondisi tubuh dengan ritme kerja kamu. Berikut Mr.Fresh rangkumkan informasinya untuk Fresher.

1. Memodifikasi jam tubuh
Jam normal tubuh adalah untuk beraktivitas siang hari dan beristirahat di malam hari. Tetapi pekerja shift akan memiliki jadwal yang sebaliknya. Untuk itu, persiapkan diri untuk memodifikasi jam alami tersebut. Pastikan benar bahwa waktu siang setelah kembali dari kantor kamu manfaatkan untuk beristirahat. Dengan begitu diharapkan tubuh secara perlahan akan menyesuaikan dengan siklus dan jam yang baru.

2. Mengubah diet
Ketika bangun dan lebih aktif di malam hari orang cenderung makan malan dua kali. Ini sebenarnya tak baik untuk tubuh. Fresher harus mengubah pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Makanlah pada pukul delapan malam, kemudian konsumsi makanan ringan yang bernutrisi antara jam 12 siang hingga jam enam malam.

3. Rotasi yang tetap
Tubuh tak bisa menyesuaikan diri dengan rotasi shift yang hanya terjadi per minggu. Setidaknya rotasi harus berlangsung beberapa bulan sekali sebelum berganti menjadi shift berikutnya. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan satu siklus yang tetap. Dengan rotasi yang stabil, tubuh bisa menentukan dengan tepat waktu untuk beristirahat, bangun, makan, dan lainnya. Ini akan membantu tubuh tetap sehat meski siklus jam tubuh berubah.

4. Jangan minum minuman berenergi
Merasa tubuh tak bertenaga saat shift malam kemudian mengkonsumsi minuman berenergi? Minuman berenergi mengandung banyak kafein dan bisa membantu untuk tetap bertenaga di malam hari. Namun kadar kafein yang tinggi setiap hari tak baik untuk kesehatan. Daripada mengonsumsi minuman berenergi, sebaiknya konsumsi banyak air putih. Mengonsumsi banyak cairan akan membantu tetap waspada dan terjaga. Selain itu, air putih juga mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

5. Jangan makan camilan
Bekerja shift malam terasa mengantuk jika tidak menyantap camilan? It’s a big No! Selain karena camilan bukanlah makanan yang sehat, tubuh Fresher juga sudah tak bisa mencernanya di malam hari. Jika ingin ngemil, pilih buah-buahan atau kacang yang bernutrisi dan sehat.

6. Postur tubuh saat bekerja
Kebanyakan orang menganggap enteng masalah postur tubuh saat bekerja. Namun hal ini penting untuk kesehatan. Pastikan mata beristirahat dari komputer setiap jam, setidaknya lima menit. Duduk dengan benar, dan jangan lupa untuk berdiri dari kursi dan berjalan-jalan sebentar.

Itu tadi beberapa tips sehat yang bisa kamu coba bagi para pekerja shift. Perhatikan benar ya kesehatan kamu karena bagaimana pun tubuh yang sehat lah yang mampu menunjang aktivitas kerja kamu.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme