6 Tips n Trik Mudah Menyetrika

6 Tips n Trik Mudah Menyetrika
Pekerjaan rumah memang tidak pernah ada matinya. Banyak tugas rumah tangga yang mungkin dipandang sebelah mata tetapi membutuhkan kecermatan dan tenaga ekstra untuk mengerjakannya lho Fresher.
Salah satunya adalah menyetrika. Jika boleh memilih mungkin kebanyakan dari kita akan lebih menyukai saat cuci mencuci ketimbang saat gosok menggosok. Kenapa demikian? Bisa jadi karena butuh lebih banyak ketelitian saat menyetrika agar pakaian bisa halus dengan cepat dan jangan sampai malah menjadi gosong.

Nah, kali ini Mr. Fresh akan berikan beberapa tips n trik sebagai panduan Fresher saat menyetrika. Cek yuk 6 Tips n Trik Mudah Menyetrika berikut :

1. Gunakan setrika uap
Ya! Setrika uap lebih memudahkan Fresher dalam membuat pakaian menjadi lebih cepat halus. Setrika uap juga lebih aman untuk menghindari pakaian dari kemungkinan gosong.

2. Trik atasi kain yang kering
Namun, jika Fresher tidak memiliki setrika uap maka anda bisa menyiasatinya dengan menyemprotkan air ke pakaian yang hendak disetrika. Yak! Pakaian yang baru selesai dijemur kebanyakan akan bertekstur kering dan terasa kaku. Tentu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuatnya halus dengan setrika. Oleh karena itu semprotkan pakaian yang akan disetrika dengan sedikit air. Jika perlu anda bisa gunakan juga cairan pewangi. Gesekan dari air tersebut dan suhu panas setrika akan memunculkan uap yang membantu pakaian lebih cepat halus.

3. Atur waktu setrika
Pada saat memulai menyetrika tentu suhu setrika anda tidak akan langsung optimal. Untuk menyiasati hal tesebut Fresher bisa memulai dengan menyetrika pakaian dengan bahan halus yang tidak memerlukan suhu panas dan juga pakaian dalam anda.

4. Perhatikan kebersihan setrika
Apakah anda pernah merasakan sudah menyetel setrika pada suhu yang maksimal tetapi tetap kurang terasa panas? Coba deh Fresher cek kebersihan setrika anda. Terkadang ada kotoran yang menempel di bagian bawah setrika yang bisa jadi menghambat penyebaran suhu setrika. Bisa jadi itu debu, bekas air cucian, hingga karat. Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan iron cleanser.

5. Ketahui suhu setrika yang pas
Ini juga penting untuk diketahui. Suhu setrika yang pas sangat membantu proses gosok menggosok anda menjadi lebih efisien dan tentu lebih cepat halus. Suhu setrika yang pas sangat bergantung dari jenis pakaian yang akan anda setrika.
Sutra: Setrika dalam kondisi sedikit lembab di bagian luarnya dengan suhu hangat
Katun: Setrika dalam kondisi sedikit lembab di bagian luar dengan suhu panas.
Nilon atau Poliester: Setrika dalam kondisi hampir kering, di bagian dalam dengan suhu dingin agar tidak mengkilap.
Katun: Setrika dalam kondisi sedikit lembab di bagian luar dengan suhu panas.
Linen: Setrika dalam kondisi lembab di bagian dalam terlebih dulu, lalu setrika bagian luarnya agar terlihat berkilau. Untuk linen berwarna gelap, hanya setrika bagian dalamnya.
Wol (dirajut): Balikkan pakaian, lalu tekan dalam kondisi kering atau hampir kering di bagian dalamnya dengan suhu hangat atau uap
Akrilik: Jika perlu, tekan di bagian dalamnya dengan suhu dingin. Jangan gunakan uap atau kain lembab.
Nilon atau Poliester: Setrika dalam kondisi hampir kering, di bagian dalam dengan suhu dingin agar tidak mengkilap

6. Perhatikan arah setrika Perlu Fresher perhatikan pergerakan setrika di atas baju. Menyetrika kemeja berbeda dari cara menyetrika jenis pakaian lain, seperti celana. Kebanyakan kemeja terbuat dari bahan katun, sedangkan celana terbuat dari bahan-bahan yang lebih tebal. Hindari menyetrika bahan apa pun dengan gerakan acak karena dapat menimbulkan bekas atau warna yang sedikit belang pada saat pakaian telah selesai disetrika. Selalu lakukan dalam satu arah maju mundur.

7. Cari hiburan
Menyetrika setumpuk pakaian dengan hanya duduk diam atau bahkan berdiri tentu sangat melelahkan. Nah, karena itu Fresher anjurkan anda mencari hiburan pada saat menyetrika. Sebaiknya hindari menonton tv karena televisi bisa mengalihkan perhatian anda sehingga lupa akan pakaian yang akan disetrika. Lebih baik Fresher mendengarkan musik atau menyetel radio saja. Bernyanyi lagu yang asyik bisa membuat suasana menyetrika lebih menyenangkan.

Nah itu tadi beberapa tips n trik yang bisa Fresher lakukan saat menyetrika. Semoga bermanfaat dan bisa membuat Fresher semangat dalam menyetrika ya.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme