Manfaat Bermain dengan kucing

Fresher sedang suntuk atau sedih tetapi malas untuk berkumpul dengan teman di luar? Kenapa tidak habiskan waktu anda dengan hewan kesayangan di rumah saja?

Tahukah Fresher, menghabiskan waktu dengan hewan kesayangan ternyata banyak manfaatnya. Kali ini Mr.Fresh akan membahas manfaat bermain dengan kucing sang hewan kesayangan. Yuk cari tahu info lengkapnya.

1. Latihan Fisik
Kucing adalah binatang peliharaan yang enerjik. Mereka suka bergerak dan bermain dengan manusia. Dengan memelihara kucing, Anda juga dapat ikut bergerak dengannya.

2. Menumbuhkan Empati
Seorang anak yang tumbuh dengan kucing di sekelilingnya akan lebih memiliki empati terhadap orang lain. Dia akan lebih peka dan akan mempertimbangkan apa yang dilakukannya, apakah merugikan atau tidak untuk orang lain.

3. Menurunkan Stress
Membelai kucing di pangkuan Anda adalah cara yang bagus untuk menurunkan stress dan tekanan darah. Selain itu, memelihara kucing juga dapat membantu Anda untuk melupakan masa lalu, misalnya kehilangan orang yang sangat dicintai.

4. Lebih Cerdas
Sebuah studi di Inggris mengatakan bahwa mereka yang memiliki kucing cenderung lebih cerdas daripada mereka yang memelihara anjing. Bukan berarti kucing membuat Anda cerdas, tetapi waktu yang dibutuhkan untuk memelihara kucing lebih sedikit daripada memelihara anjing. Hal ini membuat pemelihara kucing punya waktu lebih banyak untuk belajar.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Buat yang merasa punya tekanan darah tinggi, mengelus kucing terbukti bisa membuat perasaanmu lebih rileks dan membuat tekanan darah menurun. Karena saat mengelus kucing, hormon kortisol dan adrenalin melambat, degup jantung lebih tenang, dan melepaskan stres. Kondisi inilah yang membuat tekanan darah bisa menurun, Sob.

6. Terhindar dari pernyakit stroke dan penyakit jantung
Tekanan darah yang menurun bisa bikin lebih sehat. Sehingga menurut jurnal ilmiah, orang yang memelihara kucing dan sering mengelus-elusnya bisa terhindar dari kemungkinan terjadinya penyakit mematikan seperti stroke dan penyakit jantung.

7. Terhindar dari anxiety disorder
Mengelus-elus kucing bisa membuatmu merasa senang dan bahagia. Perasaan yang lebih relaks itu akhirnya bikin kamu terhindar dari kemungkinan terkena anxiety disorder atau penyakit cemas berlebihan. Fokusmu yang tertuju pada kucing juga bisa membuatmu lepas sejenak dari masalah-masalah yang ada di pikiran.

8. Membantu penderita autisme
Sebuah penelitian dari University of Missouri menemukan bahwa interaksi sosial antara anak-anak yang menderita atau memiliki gejala autisme secara dramatis meningkat ketika mereka berada di sekitar hewan peliharaan, misalnya kucing.

Dalam studi itu, setengah keluarga yang berpartisipasi di dalamnya memiliki hewan peliharaan kucing. Dengan para orangtua melaporkan adanya interaksi kuat yang ditampilkan antara mereka dengan anak-anaknya.

9. Dengkuran yang bermanfaat
Dengkuran kucing tidak hanya selalu menunjukkan bahwa mereka sedang bahagia. Suara dengkuran itu sudah lama diasosiasikan dengan kemampuan dalam penyembuhan therapeutic pada tulang-tulang dan otot manusia.

Hal itu bekerja pada frekuensi getaran suara 20-140 HZ. Sedang studi di atas tadi berlaku pada frekuensi 18-35 HZ yang mana merupakan jarak dimana terjadinya efek positif pada mobilitas sendi usai terjadinya cedera. Para ilmuwan juga telah mulai membicarakan tentang bagaimana suara dengkuran kucing dapat menolong manusia.

Jadi, berbahagialah anda yang memiliki kucing sebagai hewan kesayangan di rumah 🙂

Sumber: liputan6.com, muslimahcorner.com, lifestyle.sindonews.com, google

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme