Anda Kecanduan Gadget?

Dalam satu jam berapa kali Fresher mengecek handphone anda? autis dengan gadget,sering mendengar istilah itu kan Fresher? Yap istilah itu digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlalu asyik dengan gadgetnya sehingga tidak menghiraukan orang sekitar.

Fresher sering memeriksa handphone padahal sedang berbicara langsung dengan orang lain? Atau ketika berkumpul bersama keluarga tapi justru memperhatikan ponsel masing-masing?

Gadget yang kita punya memang bisa mempunyai dampak negative yang menyebabkan seseorang kecanduan.

Jika anda, Memeriksa handphone lebih dari yang diperlukan. Padahal mungkin saja pada jam tersebut aktivitas  informasi di handphone kamu sudah mulai berkurang
Jika anda, Merasa terisolasi dan cemas jika sedang offline dalam jangka waktu tertentu.
Jika anda, Ketika berkumpul bersama keluarga atau teman, setiap orang justru memperhatikan gadget masing-masing dan tak mempedulikan satu dan lainnya.
Jika anda, merasa ada dorongan untuk segera mengambil ponsel padahal saat itu Kamu sedang bercakap-cakap langsung dengan orang lain.
Jika anda, Lebih mengutamakan tampilan visual (baik dalam teks atau gambar) dalam berinteraksi daripada bertemu muka.
Jika anda, Ketika meninggalkan rumah, ponsel harus dibawa. Di jalan pun kamu tidak fokus atau tidak santai hanya gara-gara sering berinteraksi dengan ponsel.

Jika anda merasa mengalami gejala-gejala tersebut mungkin anda termasuk orang yang kecanduan smartphone.

Daniel Sieberg melalui bukunya The Digital Diet memiliki beberapa saran untuk mengatasi kecanduan ponsel ini. Sieberg menyarankan untuk tidak tidur satu ruangan dengan gadget/ponsel kamu karena menimbulkan godaan yang cukup besar. Selain itu, tidak menghidupkan gadget saat tidur juga merupakan salah satu solusi.

Dengan mengurangi penggunaan gadget secara bertahap kita menjadi sadar  dalam menggunakan teknologi dan memberikan waktu yang berkualitas untuk berhubungan di dunia nyata. Selain cara-cara tersebut berikut terdapat beberapa tips bagi kamu yang ingin mengatasi kecanduan terhadap gadget:

1.Kurangi pemakaian ponsel secara bertahap, paling tidak matikan handphone semenit setiap dalam satu hari akan membantu kamu dalam mengurangi ketergantungan terhadap ponsel.
2.Tahu tempat untuk menggunakan ponsel
3.Banyaklah berbicara, karena bagaimanapun perbincangan di dunia nyata tidak dapat digantikan oleh obrolan melalui ponsel atau dunia maya.
4.Gunakan dengan bijaksana, alangkah baiknya untuk menggunakan ponsel dengan bijaksana sampai dalam taraf tidak mengganggu kehidupan sosial pengguna.

Bagaimanapun segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Pergunakanlah smartphone anda sewajarnya. Jangan sampai Fresher menjauhkan yang dekat mendekatkan yang jauh. Be Smart Fresher ^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme