Cara Bijak Menanggapi Komplain Pelanggan

 

Dalam menjalankan suatu bisnis, adanya komplain dari pelanggan merupakan suatu hal yang wajar terjadi. Pelanggan yang mengajukan komplain biasanya merasa tidak puas terhadap produk yang telah dibelinya atau pelayanan yang diberikan dirasa kurang maksimal, sehingga menjadikan pelanggan tersebut merasa kecewa. Bagi pelaku usaha pemula, mungkin sedikit banyak akan merasa down akibat komplain yang disampaikan pelanggan. Namun sebenarnya komplain tersebut juga dapat dijadikan sebuah masukan yang positif untuk terus memajukan bisnis Anda. Berikut ini akan dibahas mengenai tips menghadapi keluhan pelanggan secara bijak :

1.       Tetap santun dan ramah

Dalam menghadapi komplain dari pelanggan, suatu kewajiban bagi Anda untuk tetap bersikap santun dan ramah. Berikan kesempatan bagi konsumen untuk menyampaikan apa yang menjadi keluhannya dan dengarkan setiap keluhan dari konsumen. Usahalan untuk tidak memotong pembicaraan dari konsumen sebelum semua keluhannya tersampaikan.

2.       Meninjau permasalahan yang disampaikan oleh konsumen

Setelah Anda mendengarkan segala keluhan yang disampaikan oleh pelanggan, tinjau lebih dalam duduk permasalahan dari komplain tersebut. Munculnya sebuah komplain dapat dilatarbelakangi oleh berbagai faktor, bisa dari segi produk, pelayanan yang telah diberikan, namun dapat juga diakibatkan oleh kesalahpahaman dari konsumen atau karena adanya informasi ketidakjelasan informasi yang diterima oleh konsumen. Dengan demikian Anda dapat mendalami hal-hal yang berpotensi memunculkan komplain dan dijadikan bahan evaluasi ke depannya.

3.       Meminta maaf kepada konsumen

Setelah Anda memahami apa yang menjadi duduk permasalahannya, segeralah meminta maaf kepada konsumen. Sekalipun mungkin kesalahan bukan bersumber dari Anda, namun ada baiknya Anda tetap meminta maaf terlebih dahulu. Dengan demikian Anda telah memberikan pengertian pada pelanggan bahwa Anda berkomitmen untuk mencarikan solusi bagi mereka.

4.       Segera mungkin menyelesaikan masalah

Agar masalah tidak berlarut-larut, maka segeralah untuk menyelesaikan permasalahan yang telah disampaikan oleh konsumen. Jika tidak segera diselesaikan, maka akan memberatkan bagi Anda ke depannya dan pastinya akan merugikan bagi Anda karena konsumen yang kecewa tentunya akan memberikan penilaian buruk bagi bisnis Anda, dan berpotensi menyebarkan informasi tersebut ke calon konsumen lainnya. Begitu pula sebaliknya, sekalipun konsumen menyampaikan komplain, namun jika komplain tersebut da[at terselesaikan dengan baik maka konsumen tetap merasa puas dan akan kembali lagi menggunakan produk atau jasa Anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme