Pertimbangan Sebelum Memulai Bisnis

Dalam memulai sebuah bisnis diperlukan beberapa hal untuk menunjang bisnis Anda agar mencapai kesuksesan. Jangan pernah memulai bisnis hanya karena ikut-ikutan trend bisnis yang sedang berlangsung saat itu tanpa Anda memiliki ketertarikan dengan bidang bisnis tersebut. jika Anda melakukan hal tersebut dikhawatirkan bisnis yang Anda rintis tidak akan maksimal karena hanya dikerjakan setengah hati. Lain halnya jika Anda menjalankan bisnis sesuai dengan minat ataupun hobi Anda. Berikut beberapa hal yang perlu dicermati sebelum Anda memulai bisnis

Sesuaikan bisnis dengan karakter diri Anda

Ketika Anda akan memulai sebuah usaha maka pilihlah bidang yang Anda sukai atau minati. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam menjalankan usaha jika Anda menyukai apa yang Anda kerjakan. Anda juga akan menjalankan bisnis tersebut dengan senang hati sehingga potensi untuk mencapai kesuksesan bisnis pun akan lebih besar.

Masa depan bidang bisnis yang Anda pilih

Sebelum memulai bisnis Anda juga harus memproyeksikan seperti apa peluang ke depan dari bisnis yang akan Anda jalankan, apakah bisnis tersebut dapat berjalan lama atau memiliki pangsa pasar yang tetap dan potensial dalam jangka panjang. Jika dibandingkan dengan bisnis musiman yang dapat memperoleh keuntungan besar tapi tidak bertahan lama, lebih baik memilih jenis usaha yang memiliki laba tidak terlalu besar namun dapat berjalan lama, stabil dan tidak terpengaruh trend.

Temukan potensi pasar baru

Strategi berikutnya, Anda dapat menemukan pasar yang belum terisi, dalam artian Anda dapat melihat potensi bisnis dari permasalahan atau keinginan pasar yang belum terpenuhi. Jika Anda dapat menemukan potensi tersebut maka Anda akan menjadi trendsetter dengan memunculkan suatu produk baru. Atau jika tidak, Anda dapat melakukan inovasi dan modifikasi terhadap produk yang sudah ada di pasaran.

Mengukur tingkat kompetisi

Anda juga harus melihat kondisi pasar di sekitar Anda, apakah sudah terdapat kompetitor di bidang yang sama atau belum. Anda juga harus melihat apakah bidang bisnis yang akan Anda tekuni masih memiliki prospek yang cerah atau sudah memasuki masa jenuh. Anda juga dapat melakukan SWOT analisis terhadap komeptitor Anda jika memang di sekitar Anda sudah terdapat kompetitor untuk bdiang bisnis yang sama. Dari hal itu, Anda akan dapat berinovasi lebih baik dari segi produk maupun layanan.

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme