tips cepat tidur
Cara supaya cepat tidur yang pertama adalah dengan mematikan atau menonaktifkan semua peralatan elektronik di kamar tidur. Tubuh manusia akan meningkatkan kadar hormon penyebab kantuk ketika kondisi atau keadaan di luar rumah menjadi lebih gelap. Kondisi gelap ini akan membuat Anda menjadi lelah dan siap untuk menuju tempat tidur. Jika Anda memiliki laptop, ponsel, tablet, TV dan video game di kamar tidur, maka barang-barang tersebut akan menghambat pembentukan hormon ini pada tubuh. Matikan semua alat-alat elektronik, terutama dengan layar yang terang, setidaknya satu jam sebelum Anda tidur sehingga nantinya tubuh akan lebih mudah merasa lelah dan kemudian mengantuk. Selain faktor layar yang terang, media sosial pada telepon dan komputer dapat menyebabkan stres serta meningkatkan kecemasan. Berhentilah menggunakan Facebook, Twitter, Tumblr, Instagram, Email, SMS, dan sosial media lain setidaknya satu jam sebelum Anda tidur.

Berendam air panas

Menaikkan suhu kulit pada dasarnya akan meningkatkan perasaan kantuk dan membuat Anda menjadi cepat tidur dan nyenyak sampai pagi hari. Dianjurkan untuk berendam atau mandi air panas 30 menit sebelum Anda tidur sebagai cara tidur cepat yang efektif dan praktis. Pastikan bahwa air mandi yang digunakan memiliki suhu di atas 100 derajat Fahrenheit untuk mendapatkan hasil terbaik. Air yang terlalu dingin tentunya tidak akan memberikan manfaat yang sama seperti halnya air panas. Pemandian air panas memang lebih baik untuk relaksasi, akan tetapi terlepas dari apakah Anda akan mandi air panas atau berendam, pastikan bahwa Anda bisa menikmati air panas selama sedikitnya 20 menit sebelum tidur.

Turunkan suhu kamar tidur

Suhu kulit yang panas dan ruangan yang dingin adalah kombinasi sempurna agar Anda dapat cepat tidur di malam hari. Suhu thermostat di kamar tidur yang direkomendasikan adalah 65 derajat atau lebih rendah. Suhu udara yang dingin dapat menyebabkan kantuk dan juga mencegah Anda berkeringat selama tidur di malam hari. Selain itu, ruangan yang dingin akan mendorong Anda untuk saling berpelukan dengan pasangan yang tentunya akan memberikan kenyamanan dan mengurangi kecemasan atau stress sebelum tidur.

Ruangan yang gelap

Lampu-lampu yang terang merupakan penghambat besar bagi siapapun untuk bisa tidur dengan cepat di malam hari. Cahay yang terang akan memperlambat peningkatan hormon penyebab kantuk pada tubuh. Oleh karena itu, disarankan agar mematikan semua lampu dan jangan lupa untuk menutup tirai kamar tidur Anda.

Membaca buku

Membaca adalah cara yang mengagumkan untuk mengurangi stres dan membantu pikiran Anda agar lebih santai. Pilih buku favorit dan bacalah sebelum Anda tidur. Hindari membaca buku bergenre horor atau action karena akan membuat Anda menjadi lebih sulit untuk tidur.

Menulis sebuah jurnal

Jika Anda sedang banyak pikiran dan stress karena masalah tertentu, maka tidak ada salahnya untuk menuliskan semua masalah tersebut ke dalam sebuah jurnal. Membuat catatan dari segala sesuatu yang terjadi pada Anda akan membantu meminimalisir atau bahkan menghilangkan beban pikiran yang melanda sebelum Anda tidur.

Minuman hangat

Minuman yang hangat akan membantu menenangkan tubuh dan pikiran Anda. Namun, hindari meminum air hangat yang mengandung kafein seperti kopi. Secangkir susu hangat dengan madu, chamomile atau teh peppermint sangat bagus untuk membantu pikiran dan tubuh Anda menjadi rileks, mengantuk dan tidur lebih cepat. Anda dapat menikmati minuman hangat tersebut sambil membaca atau menulis jurnal/catatan di tempat tidur.

Ubah sudut pembaringan tubuh

Jika Anda tidur telungkup, maka saluran udara atau pernafasan akan terhambat dan kemudian meningkatkan kemungkinan untuk mendengkur. Tidurlah di bagian sisi Anda untuk mengurangi kemungkinan mendengkur sepanjang malam.

Sesuaikan posisi bantal

Idealnya, Anda ingin tertidur dengan posisi leher dalam garis lurus. Jika diperlukan, letakkan posisi bantal di antara lutut Anda untuk menjaga pinggul tetap dalam posisi yang netral selama tidur. Beberapa orang banyak yang menggunakan 2 buah bantal ketika tidur, bantal yang satu untuk lengan mereka dan satu lagi untuk menyangga kepala.

Suplemen

Banyak sekali jenis tumbuhan dan mineral yang telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu tidur lebih cepat. Cobalah beberapa suplemen berbeda ini setiap malam sebelum tidur dan lihat jenis suplemen mana yang bisa membuat Anda tertidur lebih cepat.
  • Kalsium dan magnesium dapat bekerja secara efektif untuk membantu Anda tertidur lebih cepat. Kadar yang direkomendasikan adalah 600 mg kalsium dan 200 mg magnesium yang dikonsumsi malam hari sebleum tidur.
  • Selada dapat membantu Anda tidur lebih cepat, mengurangi kecemasan dan depresi. Konsumsi sebanyak 30 – 120 mg setiap malam hari.
  • Suplemen L-theanine bisa meningkatkan kewaspadaan Anda selama siang hari dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Anda juga dapat minum teh hijau di pagi hari, yang mengandung banyak sekali senyawa asam amino.
  • Suplemen valerian root. Ini adalah salah satu obat tertua untuk mengatasi insomnia. Asupan suplemen yang dianjurkan adalah sekitar 200 – 800 mg setiap malam.

Buatlah diri Anda nyaman

Hindari pakaian ketat atau tidak nyaman seperti kaus kaki dan bando rambut. Pastikan untuk pergi ke kamar mandi sebelum Anda pergi tidur untuk sekedar buang air kecil.

Mengurangi kebisingan

Kebisingan atau tingkat suara rendah yang konstan dapat mencegah Anda untuk untuk tertidur lebih cepat. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan penyumbat telinga untuk meredam suara yang mengganggu atau suara-suara dengan latar keras.

Aromaterapi

Hasil studi menunjukkan bahwa menggunakan minyak esensial lavender dapat membantu tubuh Anda menjadi rileks dan menciptakan kenyamanan selama tertidur. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak ke bantal untuk membuat Anda tidur lebih cepat.

Menghitung domba

Menghitung domba mungkin sudah sangat familiar di telinga kita semua sebagai cara agar cepat tidur di malam hari. Anda tidak harus benar-benar menghitung domba, akan tetapi lakukan penghitungan untuk benda apapun secara berulang-ulang di kepala Anda sehingga akan merasa bosan, kelelahan dan kemudian mengantuk. Anda juga bisa mencoba menghitung mundur dari angka 300 dan niscaya Anda akan bisa tidur dalam waktu yang singkat.
Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme