Tips Mengenalkan Buah Pada Anak

Setelah lulus ASI, Ibu dapat mengenalkan buah pada anak setelahnya. Tidak akan banyak yang menyangkal sebuah pernyataan bahwa buah merupakan jenis makanan yang banyak manfaatnya. Walaupun manis, tapi kandungan gulanya jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan kenaikan gula darah daripada gula yang ditambahkan dalam minuman atau makanan. Buah-buahan mengandung serat larut dan tidak larut yang mengikat gula dalam usus sehingga menunda penyerapan dan mencegah kenaikan kadar gula darah. Gula dalam buah-buahan juga dikombinasi dengan antioksidan membantu untuk memblokir peradangan yang merusak sel.

Mengingat sifat buah yang begitu istimewa, berikut ini adalah tips mengenalkan buah pada anak sesaat setelah lulus ASI yaitu ketika anak menginjak usia 7 bulan.

Baca Juga : Manfaat Mendongeng bagi anak

1. Perlihatkan terlebih dahulu macam buah-buahan pada anak.
Katakan pada anak tentang nama buah, rasanya dan manfaatnya. Ajak anak untuk menyukai buah-buahan tersebut.

2. Berikan buah yang tingkat keasamannya rendah.
Ibu dapat memberikan pisang pada awal-awal pengenalan buah pada anak. Sisir buah pisang sampai lembut. Usahakan agar anak begitu menikmati buah. Sampaikan dengan penuh suka cita dalam menyuapi buah.

3. Berikan air-air buah
Karena anak sudah lulus ASI, saatnya sedikit demi sedikit menunjukkan pada anak bahwa ia tidak hanya bisa minum ASI saja, tapi juga minuman yang lain. Banyak minuman yang manis dan sehat. Ibu dapat memberikan perasan semangka dan sendokkan sedikit demi sedikit.

4. Tempel poster buah di rumah
Briefing anak dengan mengenalkan buah melalui poster tersebut. Ciptakan kecintaan pada buah. Pada saatnya anak mulai tertarik pada salah satu buah, ibu dapat membelikan buah tersebut

Dengan beberapa tips mengenalkan buah pada anak tersebut, juga dapat menjadi perangsang kecerdasan bahasa dan emosi anak. Selamat mencoba, mom…

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme