Cara Mendapatkan Inspirasi Dalam Berbisnis

Dunia bisnis adalah dunia yang dinamis. Setiap hari selalu penuh dengan inovasi. Sebagai orang yang baru saja akan memulai bisnis, ada kalanya kebanyakan dari kita merasa bingung akan menciptakan produk yang seperti apa, menyusun strategi seperti apa yang sekiranya efektif dan berbagai kebingungan lainnya. Hal ini tidak hanya menimpa pemula dalam bisnis. Bahkan seseorang yang sudah menjalankan bisnis bertahun-tahun pun ada kalanya mengalami kebuntuan semacam ini. Untuk mendapatkan inspirasi kembali dalam bisnis, ada baiknya Anda keluar sejenak dari rutinitas Anda dan perhatikan sekitar Anda. Berikut beberapa hal yang dapat Anda coba lakukan untuk mendapatkan inspirasi :


1.Bertemu dengan pebisnis lain

Ada kalanya ide bisnis muncul dari orang lain. Dengan bertemu teman yang menggeluti bisnis lain, Anda bisa saja terinspirasi dengan cerita dan proses perjalanan mereka dalam berbisnis. Selain itu, Anda juga dapat berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bisnis, mengenai strategi bisnis dan hal-hal lain yang nantinya dapat menjadi bahan untuk mengembangkan bisnis Anda. Bertemu dengan pebisnis lain juga bermanfaat untuk mengembangkan relasi Anda.
2.Membaca artikel dan menonton acara yang menginspirasi
Saat ini banyak sekali kemudahan untuk mengakses informasi. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh inspirasi. Dengan membaca dipagi hari akan membuka wawasan akan hal yang sedang menjadi trend di luar sana. Atau Anda juga bisa mengikuti seminar bisnis, sehingga bisa menambah pengetahuan Anda dan dapat diaplikasikan pada bisnis Anda.
3.Tetap memperhatikan kompetitor
Anda juga perlu sekali-sekali memperhatikan pesaing Anda. Dengan demikian Anda akan lebih termotivasi dan berpikir inovasi apa yang bisa diterapkan dan dapat mengungguli kompetitor. Bisa saja dengan demikian Anda bisa memperoleh inovasi baru yang bisa memberikan nilai lebih dibandingkan kompetitor.
4.Liburan
Setelah penat dengan rutinitas dan pekerjaan, tidak ada salahnya Anda beristirahat dan meluangkan waktu untuk berlibur. Liburan tidak hanya akan merileksasi pikiran, tetapi juga kesempatan mendapatkan ide dan transaksi bisnis. Gunakan waktu libur Anda untuk duduk dan berpikir tentang cara-cara agar lebih maju, cara memanfaat sumber daya yang Anda miliki. Bahkan bisa saja di tempat berlibur Anda akan bertemu dengan pebisnis lain.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme