Hal Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Memilih Bisnis Franchise

 

Salah satu model bisnis yang sedang trend akhir-akhir ini adalah bisnis franchise. Bisnis franchise menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan karena Anda tidak perlu lagi repot mempersiapkan sendiri bisnis Anda. Selain itu Anda tinggal menerapkan SOP yang diberikan oleh franchisor tidak perlu trial dand error untuk menemukan formula bisnis Anda sendiri. Tetapi, Anda juga harus membutuhkan uang yang tidak sedikit untuk membeli franchise. Karena dengan membeli franchise, Anda mengadaptasi 100% dari bisnis yang sudah ada tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum meilih suatu merk bisnis franchise

1.       Memiliki sistem bisnis yang kuat

Ketika Anda memilih bisnis franchise Anda harus melihat sistem bisnis yang dimiliki. Anda harus mengetahui apakah franchise tersebut memiliki sistem bisnis yang kuat. Baik mengenai sistem keuangan yang baku, promosi, support system dari franchisor dan aspek-aspek lainnya. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi bagaimana bisnis Anda berjalan ke depannya.

2. Memiliki brand yang besar

Brand menjadi kekuatan penting ketika Anda memilih suatu bisnis franchise, karena dengan merk yang sudah dikenal masyarakat lebih memudahkan Anda dalam hal promosi. Selain itu dengan merk yang sudah terkenal, bisnis Anda sudah memiliki target pasar yang jelas atau bahkan sudah memiliki pelanggan tetap.

3.       Inovasi

Inovasi juga menjadi salah satu aspek penting yang harus Anda lihat ketika akan memilih bisnis franchise. Hal ini juga penting karena dalam suatu proses bisnis, jika Anda ingin bisnis tersebut semakin berkembang maka dibutuhkan adanya inovasi.

4.       Fasilitas training

Pastikan Anda memilih franchise yang memiliki fasilitas training yang baik. Training yang baik harus meliputi keseluruhan proses bisnis yang akan Anda tekuni. Pastikan Anda tahu bagaimana menangani sistem keuangan, pegawai sampai kegiatan sehari-hari franchise tersebut. Anda harus bersiap-siap menghadapi segala resiko yang akan terjadi dalam menjalankan franchise tersebut. Fasilitas training yang bagus tentu mengajarkan Anda menangani bisnis franchise yang bagus pula.

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme