Kemampuan Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Entrepreneur

 

Ketika Anda mulai merintis suatu bisnis, Anda harus menyusun strategi bisnis sebaik-baiknya. Untuk dapat mempertahankan bisnis dalam jangka panjang, modal uang saja tidaklah cukup.Seorang entrepreneur harus mengembangkan kualitas dirinya untuk menunjang keberlangsungan bisnis yang dimilikinya. Berikut beberapa kualitas dasar yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh seorang entrepreneur :

1.       Kemampuan networking

Membangun relasi menjadi kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur, karena diawali dengan relasi dan jaringan yang luas bisnis Anda akan berkembang. Ketika Anda memiliki banyak relasi, Anda akan bertemu dengan banyak orang dan tentunya belajar banyak hal. Anda juga akan memperoleh banyak pengalaman baru yang nantinya akan bermanfaat bagi bisnis Anda.

2.       Menjalin kerjasama

Setelah Anda memiliki kemampuan networking, selanjutnya Anda dapat menjalin kerjasama dengan relasi Anda. Anda tentu tidak memiliki semua kemampuan berbisnis. Dengan kemampuan menjalin kerjasama, Anda dapat membangun sebuah tim yang solid dan mengembangkan bisnis Anda.

3.       Keberanian mengambil resiko

Keberanian mengambil resiko penting agar seseorang entrepreneur dapat mengambil keputusan dengan tepat untuk kemajuan perusahaan. Meskipun demikian Anda juga harus dapat mengambil keputusan secara efisien dan tetap memperhitungkan resiko yang akan diambil berikut dengan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, sehingga Anda dapat memprediksi dan meminimalisir resiko buruk yang akan terjadi karena keputusan Anda.

4.       Memiliki visi yang jelas

Sebagai seorang entrepreneur Anda harus memiliki visi yang jelas terhadap bisnis Anda, sehingga bisnis Anda akan berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai. Sekalipun Anda memperoleh banyak masukan dari berbagai pihak yang lebih berpengalaman dalam bisnis, Anda tetap harus dapat memilah hal-hal yang dapat Anda terapkan dalam bisnis untuk menunjang kemajuan bisnis Anda. Tidak semua saran atau ilmu dari orang lain dapat diterapkan begitu saja dalam bisnis Anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme