Keunggulan Menjalankan Bisnis Waralaba

Membangun usaha sendiri saat ini telah menjadi pilihan bagi banyak orang. Namun bagi banyak orang, membangun usaha dari nol memiliki tantangan tersendiri dan kebanyakan dari mereka bingung untuk start-up bisnis mereka. Hal ini mengakibatkan keinginan untuk memiliki usaha sendiri selalu tertunda. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat memilih usaha waralaba. Dengan memilih waralaba, Anda dapat meminimalisir kegagalan dalam membangun usaha. Berikut akan dibahas beberapa keunggulan menjalankan bisnis waralaba.

1. Menjalankan bisnis yang sudah terbukti

Untuk membangun usaha hingga mencapai kesuksesan bukanlah suatu hal yang mudah dan dapat dilakukan secara instan. Butuh waktu bertahun-tahun dan riset yang mendalam untuk menemukan strategi yang efektif untuk mencapai keuntungan yang diinginkan. Dengan berbisnis waralaba, secara tidak langsung Anda tidak perlu memikirkan untuk start up bisnis, karena telah segala persiapan bisnis dilakukan oleh franchisor. Anda hanya tinggal menjalankan bisnis sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh franchisor.

2. Tidak perlu repot melakukan branding

Salah satu hal yang sulit ketika membangun bisnis adalah branding atau memperkenalkan brand serta jenis usaha Anda ke masyarakat luas. Sementara waralaba, biasanya telah memiliki brand yang telah dikenal secara luas. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi. Selain itu, biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membangun reputasi bisnis tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan membangun bisnis baru.

3. Manajemen bisnis yang telah terbangun

Bisnis franchise memberikan keuntungan karena telah memiliki manajemen bisnis yang telah diuji coba sebelumnya dan siap diterapkan pada lokasi yang baru. Selain itu, bisnis waralaba telah memiliki sistem yang kokoh baik dari segi finansial maupun jaringan pemasaran. Dengan demikian, segala sistem manajemen telah ditetapkan oleh franchisor dan Anda tidak perlu dipusingkan lagi dengan urusan manajemen seperti saat membangun bisnis baru.

4. Peluang sukses lebih besar

Karena usahanya sudah dinilai lebih berpengalaman dan juga promosi brand sudah dilakukan oleh franchisor, maka sebagai franchisee Anda dapat berpeluang lebih tinggi untuk sukses. Kesempatan sukses Anda ketika bergabung dengan franchise mencapai 70 persen, sementara ketika Anda membangun usaha sendiri dari nol hanya sekitar 60 persen. Namun semuanya kembali ke Anda sendiri saat menjalankan usaha tersebut,apakah sudah sesuai dengan prosedur standar yang ditetapkan oleh franchisor atau tidak.

Previous PostNext Post

1 Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme