Manfaat Penting bagi Tubuh jika Istirahat Cukup

Manfaat Penting bagi Tubuh jika Istirahat Cukup

Manfaat Penting bagi Tubuh jika Istirahat Cukup

Sobat Fresher, istirahat merupakan kebutuhan semua makhluk hidup. Apabila anda tidak memenuhi kebutuhan ini dengan mengurangi waktu tidur anda, maka akan banyak kerugian akan Anda dapatkan. Sebaliknya, apabila anda cukup istirahat, akan banyak juga manfaat yang akan anda rasakan. Berikut manfaat penting bagi tubuh jika anda istirahat cukup :

1. Dapat meningkatkan kemampuan belajar
Saat anda istirahat, otak anda tetap akan bekerja menguatkan memori seputar hal-hal yang akan anda pelajari hari ini dan dapat mencari solusi mengenai hal-hal yang belum dapat anda mengerti. Proses ini disebut konsolidasi. Ketika anda belajar sesuatu hal yang baru, entah itu bersifat fisik maupun mental, maka anda memerlukan latihan agar bisa menguasai pelajaran baru tersebut dengan lebih maksimal.

Istirahat merupakan salah satu cara melatih kemampuan belajar baru anda. Atau dengan kata lain, setelah anda istirahat, maka kemampuan anda belajar anda akan meningkat sesudah anda istirahat. Menurut Dr. Rapoport, profesor di NYU Langone Medical Center.

2. Istirahat dapat meredakan inflamasi
Inflamasi yang muncul dapat memicu berbagai penyakit seperti gangguan jantung, stroke, diabetes, artritis dan penuaan dini. Dalam sebuah riset menyebutkan bahwa, orang yang istirahat kurang dari enam jam sehari, akan memiliki risiko peradangan protein darah lebih tinggi dari mereka yang tidur tujuh sampai delapan jam sehari. Orang dengan gangguan apnea dan insomnia juga akan lebih berisiko menderita tekanan darah tinggi pada umumnya.

3. Istirahat dapat meningkatkan kreativitas
Pastikan anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum anda mencoba untuk membuat hal-hal yang bersifat kreativitas seperti membuat kerajinan tangan atau menulis cerita pendek. Selain mampu mengonsolidasikan daya ingat anda, otak juga berfungsi untuk mengatur semua informasi yang masuk menjadi lebih teratur dan terstruktur dengan baik. Hasilnya pun ide-ide cemerlang akan menjadi lebih gampang muncul.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Harvard University dan Boston College menemukan hasil bahwa pada saat anda istirahat, maka otak anda akan bekerja memperkuat komponen emosional memori, serta hal ini akan dapat membantu memacu proses kreativitas anda.

4. Istirahat dapat menjaga berat badan ideal anda
Apabila pada saat ini anda sedang ingin diet, pastikan setiap hari anda istirahat yang cukup. Dalam studi penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago menemukan bahwa bagi orang yang menerapkan diet yang cukup tidur, diyakini mampu mengurangi prosentase lemak pada tubuh sebesar 56 lebih banyak daripada mereka yang selalu kurang istirahat.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar manfaat penting bagi tubuh jika istirahat, semoga bermanfaat. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme