Manfat Metode Bermain Bagi Pembelajaran Anak

Metode bermain ini sangat cocok digunakan dalam proses belajar mengajar pada Anak Usia Dini. Kehidupan awal anak yang masih dalam masa suka bermain harus dilakukan pembelajaran dengan metode yang sama. Anak-anak dalam belajar diharapkan tidak tertekan dan dapat menikmati sebuah pembelajaran agar dapat ia serap dengan optimal. Metode pembelajaran dengan metode bermain ini mempunyai banyak manfaat bagi anak diantaranya:

1. Manfaat Motorik.

Membantu dalam hal mengembangkan otot dan melatih seluruh bagian tubuh anak. Terutama yang berhubungan dengan unsur-unsur kesehatan, ketrampilan dan ketangkasan. Anak-anak sedang dalam masa aktif-aktifnya bergerak dan mengeksplor tubuhnya. Dengan bermain, anak akan aktif bergerak namun mendapatkan suatu pengetahuan yang bermanfaat bagi dirinya.

2. Manfaat Afeksi

Afeksi berhubungan dengan hal-hal yang menyangkut emosi anak. Dengan metode bermain, anak dapat menyalurkan berbagai bentuk emosi nya seperti sedih, senang bahkan marah tergantung bentuk permainan yang sedang dimainkannya. Selain itu, jika anak bermain bersama dengan teman-temannya maka anak akan menemukan apa yang dapat mereka lakukan dan mengembangkan kepercayaan diri, melatih mental dan mengembangkan pola sosialisasi.

3. Manfaat Kognitif

Kemampuan imajinasi yang luar biasa pada diri anak dapat dirangsang melalui permainan. Ia akan dapat menganalisa sesuatu dengan permainan tersebut dan memahami diri sendiri sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya.

Ibu dapat mulai mengajak anak bermain menggunakan permainan sederhana. Usahakan agar Ibu terlibat dalam permainan. Ciptakan bonding dan kebersamaan yang berkualitas bersama anak dengan metode bermain ini. Happy parenting mom…

*Diolah dari berbagai sumber

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme